Lama Kosong, Tony Harisinta Resmi Jabat Sekda Pulang Pisau

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Setelah kurang lebih 4 tahun jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Pulang Pisau tidak terisi, akhirnya Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang, melantik Tony Harisinta sebagai Sekda definitif di Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (16/06).

Kegiatan pengambilan sumpah janji jabatan dan pelantikan Sekda Pulpis tersebut berlangsung di Aula Bappedalitbang Komplek Perkantoran, Desa Mantaren 1, Kecamatan Kahayan Hilir, dengan disaksikan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, H. Edy Pratowo, Forkompimda, Kepala OPD, Anggota DPRD dilingkup Kabupaten Pulang Pisau serta Pejabat dari Provinsi Kalteng.

“Sekda adalah jabatan strategis dalam tatanan Birokrasi, yang mempunyai tugas membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan, pengkoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah dan pelayanan administrasi,” kata Plt. Bupati Pulang Pisau dalam sambutannya.

Lebih lanjut Pudjirustaty Narang mengatakan sesuai dengan Undang-undang Nomer 5 Tahun 2014 tentang aparatur sipil negara dan peraturan perundangan nomor 11 tahun 2017 tentang manejemen pegawai negeri sipil, bahwa pengisian jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah dilakukan secara terbuka dan kompetitif dikalangan pegawai negeri sipil dengan persyaratan yang telah ditentukan melalui seleksi terbuka.

“Pengangkatan Sekda Kabupaten Pulang Pisau telah melalui proses yang cukup panjang sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan telah mendapatkan rekomendasi atau persetujuan dari Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 821/2/175/11.4/BKD tanggal 4 Juni 2021 perihal persetujuan pemerintah Sekretaris Daerah Kabupaten Pulang Pisau,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Pudjirustaty Narang, Sekda dalam melaksanakan tugas dan fungsinya juga bertanggungjawab terhadap Kepala Daerah. Dirinya berharap, Sekda harus dapat berkarya dan berinovasi untuk mendukung visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Pulang Pisau.

“Pesan saya, Sekda agar selalu menjaga kesinambungan dalam bekerja, dan mengajak untuk menciptakan suasana kondusif, efektif, efisien, dan produktif agar berbagai tantangan kedepan di Kabupaten Pulang Pisau mampu dihadapi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Plt. Bupati yang akrab disapa Taty ini mengingatkan, karena saat ini Pulang Pisau masih menghadapi permasalahan pandemi Covid-19, diharapkan Sekda mampu untuk terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait serta mengambil langkah-langkah dalam hal penanganannya.

“Salah satunya adalah bagaimana mengsukseskan vaksinasi massal Covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau sehingga target bisa terpenuhi,” pungkasnya. KABAR TODAY.COM