KRI Kakap 811 Berlabuh Di Tolitoli

ERWIN | TOLITOLI – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Kakap-811 dari di jajaran Satuan Kapal Patroli (Satrol) Koarmada II berlabuh di Dermaga Dede Tolitoli, pagi ini Juma’t, (12/06).

Kedatangan KRI Kakap 811 disambut oleh personel Pangkalan Angkatan Laut Tolitoli yang dipimpin oleh Komandan Lanal Tolitoli, Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, Perwira Staf Intel Lanal Tolitoli Kapten Laut (P) M. Pohan.

Selanjutnya Komandan KRI Kakap 811 Mayor (P) Oyu Mulia Juma’t (12/06) melaksanakan kunjungan kerja ke Markas Komando (Mako) Lanal Tolitoli, didampingi oleh beberapa Perwira KRI. Pada kesempatan itu Komandan Lanal Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono menerima kunjungan kerja dari Komandan KRI Kakap berserta rombongan.

Ditempat yang sama, Komandan Kapal KRI Kakap Oyu Mulia mengatakan, Kedatangan kapal KRI Kakap 811 tersebut bertujuan untuk melaksanakan kordinasi mengenai tugas operasi yang diemban oleh KRI Kakap, untuk meningkatkan mengembang tugas, kemampuan personel KRI Kakap dalam menghadapi tugas operasi keamanan dan tempur laut dari segala tindakan aksi kejahatan di laut berupa illegal fishing, illegal logging, pembajakan, pelanggaran batas wilayah dan terorisme di laut.

“Kedatangan KRI Kakap 811 di Pelabuhan Dede bertujuan untuk melaksanakan Bekal Ulang (bekul) logistik guna mendukung kegiatan operasi laut prisai sakti yang diemban oleh kapal perang tersebut. Rencananya KRI Kakap 811, berlabuh di Dermaga Dede Tolitoli selama Tiga (3) hari kedepan, hingga selesai melaksanakan bekal ulang,” Ucapnya

Dalam kesempatan yang sama Komandan armada KRI Kakap Mayor (P) Oyu Mulia sedikit menguarai tentang kondisi spesifikadi Kapal tersebut adalah buatan PT. PAL Indonesia Tahun 1988, yang bisa mengangkut sedikitnya 50 personel sedang untuk panjang kapal sendiri 57 Meter dan lebar 8 meter serta kecepatan kapal bisa mencapai 28 knot.



“Tentunya Kapal KRI Kakap 811 sangat potensial jika melakukan pengejaran terhadap kapal asing yang mencoba memasuki Indonesia, selain itu KRI Kakap juga di lengkapi dengan Tiga Buah Meriam otomatis yang mampu melumpuhkan musuh dengan cepat,” Imbuhnya

Lanjut Oyu Mulia, Selama kapal bersandar dipelabuhan Tolitoli, memberikan kesempatan kepada salah satu personel KRI Kakap asal Tolitoli untuk bertemu dengan orang tua dikampung halaman didesa Binontoan, kecamatan Tolitoli Utara.

“Saya selaku komandan Kapal, memberikan kesempatan kepada salah satu anggota personol KRI Kakap 811 Kld Sutoyo untuk bersilaturahmi dengan orang tua dikampung, karna Kld Sutoyo mulai dari pendidikan hingga melaksanakan dinas selama dua tahun, belum perna ketemu lagi dengan orang tua, tutup Oyu

Disamping Itu, Komandan Lanal Tolitoli, Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, saat ditemui wartawan mengatakan Kedatangan KRI Kakap 811 yang tiba di Tolitoli menjadi salah satu KRI yang puluhan personilnya terdapat satu putra terbaik Tolitoli yang telah menjadi keluarga besar anggota TNI AL.

“Saya berharap kedepannya makin banyak Putra/Putri dari kabupaten Tolitoli yang mau menjadi anggota TNI AL, seperti Kdl Sutoyo yang sudah terpilih menjadi anggota TNI AL dan sekarang ikut berlayar dengan KRI Kakap 811, Sutoyo sudah mengharumkan nama baik Tolitoli, dan mau mengabdi kepada bangsa dan negara dalam menjaga kedaulatan NKRI,” Pungkasnya KABARTODAY.com