Kreasikan Alat Damkar, Sat Samapta Polres Pulpis Siap Hadapi Karhutla

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Menyambut Hari Bhayangkara Ke – 75, yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2021 mendatang, Satsampta Polres Pulang Pisau, Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar kegiatan latihan penangulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang dipusatkan di halaman Mako Polres setempat, Selasa (22/06).

Kapolres Pulang Pisau, AKBP. Kurniawan Hartono melalui Kasat Samapta Iptu. Junedinoto mengatakan, kegiatan ini termasuk dalam salah satu pembinaan kekuatan penanggulangan Karhutla. Sebagai bentuk kesiapsiagaan, personel dalam menghadapi bencana Karhutla tahun 2021 di wilkum Polres Pulang Pisau.

“Selain menyambut Hari Bhayangkara, kegiatan ini juga dilombakan oleh Polda Kalteng untuk Polres serta Polsek jajaran masing-masing. Khususnya, pada kreasi Alat Pemadam Kebakaran,” ucap Kasat.

Mengingat, lanjut Iptu. Junedinoto, sebagian besar kebakaran hutan terjadi selain faktor alam, juga dikarenakan faktor manusia. Baik disengaja maupun karena motif ekonomi, seperti melakukan pembukaan lahan atau karena kelalaian.

“Sejak 2015 kebakaran hutan menjadi perhatian Presiden Joko Widodo yang selalu memberikan arahan khusus dalam penanganan Karhutla,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kasat mengungkapkan, Polres Pulang Pisau telah mengambil langkah-langkah strategis dalam hal penanganan Karhutla. Dan juga telah memprioritaskan upaya pencegahan karhutla melalui konsolidasi dan koordinasi antara TNI, Pemda se tempat, BPBD serta BMKG.

“Mari kita berikan edukasi dan sosialisasi terus menerus kepada masyarakat dan perusahaan dengan menekankan korporasi untuk wajib mematuhi regulasi terkait kebakaran hutan di Bumi Handep Hapakat ini,” ajaknya. KABAR TODAY.COM