Kordinator Gugus Penagulangan Covid Gelar Rapat Bersama Dinkes

ERWIN | TOLITOLI – kordinator Gugus Penagulangan Covid 19 bidang Perencanaan data, pakar, Dan analisa mengelar rapat bersama dinas Kesehatan Tolitoli di kantor Bappeda jalan DI panjaitan, Kelurahan panasakan Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, sulawesi Tengah Beberapa waktu lalu.

Rapat dilingkup Bappeda itu turut di hadiri Kelada Bapeda Tolitoli Krisman Isol, direktur Rumah sakit Mokopido dr. H Danial, ketua IDI cabang Tolitoli dr. Moh Sofyan, Sp.B, FICS, sebagai Narasumber, kepala dinas kesehatan yang di wakili dan Ketua PMI cabang Tolitoli yang diwakili.

Pertemuan antara dinas kesehatan bersama bidang Kordinator Gugus Tugas Covid 19, membahas terkait Rencana Anggaran Belanja (RAB) penagulangan Covid 19 dikabupaten Tolitoli, pertemuan yang sudah berlangsung selama 3 hari melahirkan beberapa Point diantatanya :

1. Melakukan perencanaan dan perhitungan serta analisa keuangan daerah dan pembangunan dalam penangulangan Covid 19.

2. Melakukan pengelolaan data dan peyusunan pemodelan penagulangan Covid 19.

3. Menyusun bahan kebijakan dan kajian epidemologi, meyusun protokol dan SOP mengenai penangulangan Covid 19.

Kepala Bapeda Tolitoli Krisman Isol, SE. Selaku Kordinator Gugus Tugas Bidan perencanaan Data, pakar dan analisis Dalam rapat bersama Dinkes mengatakan pembahasan penangulangan Covid 19 dan analisa pengunaan anggaran harus segera disusun dan diserahkan.

“Penyusunan pengunaan anggaran dan pembagunan penangulangan Covid 19 harus segera di sampaikan, agar penagulangan covid 19 bisa berjalan secara maksinal, dan kami dari Bappeda selaku bidang gugus tugas, menyusun dan melakukan Rasionalisasi anggaran seauai kebutuhan masing masing satgas yang telah di bentuk, sesuai dengan protokol dan SOP yang di sampaikan Bupati,” Ujar Krisman

Lanjut krisman, Sesuai dengan penyampaian Bupati, anggaran untuk penangulangan Covid 19 Awalnya sebesar 20 Millyar akan tetapi dengan berjalannya waktu dan melihat penyebaran covid semakin masif, Bupati meminta anggaran penaganan covid dinaikkan menjadi 30 Millyar.

“Anggaran sebesar 30 Millyar untuk penangulangan Covid masih sangat wajar, hal ini dilihat dari lerkembangan Covid yang semakin masif, Walaupun hari ini Tolitoli masih dalam situasi yang aman, dan tidak diminta minta jika terjadi sesuatu maka anggaran sebesar 30 Millyar mungkin saja tidak akan cukup, dan saya meminta kepada semua Satgas yang sudah ditunjuk oleh pemerintah agar segera meyampaikan rincian anggran mereka yang akan digunakan,” tuturnya

Ditambahkannya, Kordinator bidang data, Pakar dan analisis terus melakukan rapat bersma seluruh OPD yang tergabung dalan Satgas penagulangan Covid 19.

“Kami terus melakukan rapat Membahas semua yang terkait dengan bidang Kordinator perncanaan data, pakar dan analisis, saya selaku Kordinator Bidang perencanaan data, Pakar, dan analisia, terus membahas bersama Dinas Perdagangan, Salah satu contoh terkait UMKM, jangan sampai nantinya UMKM ini tidak berjalan, akibat penyebaran Covid 19. Pungkasnya KABARTODAY.com