Komunitas Bold Riders Tolitoli Ajak Masyarakat Untuk Donorkan Darah

TOLITOLI, Sulteng | Kabartoday.com – Kegiatan donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ yang diikuti oleh 13 komunitas di Tolitoli berlangsung di Kantor PMI Tolitoli pada 17 Oktober 2021.

Sebelum mendonorkan darah, kolaborasi komunitas yang tergabung dalam Bold Riders Tolitoli ini membagikan brosur berisi ajakan ke masyarakat untuk mendonorkan darah.

Koordinator Bold Riders Tolitoli Budi Baso menuturkan ajakan kepada masyarakat ini dilakukan di sejumlah titik seperti pasar-pasar tradisional dan Terminal Susumbolan. Hal ini sekaligus untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa anak motor tidak hanya touring tetapi bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi sesama.

“Kegiatan ini menjadi pembuktian bahwa anak motor di Tolitoli bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Bahkan mereka juga mengajak masyarakat untuk melakukan kebaikan yang sama. Dari ajakan teman-teman komunitas ini, ada beberapa yang akhirnya benar-benar ikut mendonorkan darah mereka,” tutur Budo, sapaan karib Budi Baso, Senin (25/10/2021).

Dari komunitas sendiri, lanjut Budo, terdapat 44 orang yang ikut serta mendonorkan darah. Dari jumlah tersebut, 39 diantaranya berhasil menjadi pendonor.

Adapun komunitas yang ambil bagian dalam kegiatan kemanusiaan ini adalah ARS 150, YR15CI, HSFCI, BOAB, HAKOCE, Tolitoli Ninja Club, RKCT, VKC, GIVIC, MMCT, VTC, NTC, dan IBT.

Aktivitas donor darah oleh komunitas di Tolitoli ini merupakan bagian dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA). Mereka juga ikut terlibat dalam pembuatan dan pemecahan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kolaborasi KITA terus mengambil inisiatif menggelar berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat. Di bulan Oktober 2021 ini, yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda, Kolaborasi KITA menggerakkan lebih dari 800 komunitas di 88 kota/kabupaten di wilayah Indonesia Timur untuk terlibat dalam kegiatan donor darah.

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di berbagai kota/Kabupaten, Kolaborasi KITA menyelenggarakan kegiatan ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’. Kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Kolaborasi KITA dalam mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama di antara beragam komunitas di Indonesia Timur.

Kegiatan Donor Darah ini juga diharapkan akan memecahkan rekor MURI. Ada dua kategori rekor MURI yaitu donor darah di kota dan kabupaten terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2020’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. ***