Kodim 1305/BT Gelar Kegiatan Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Guna mengantisipasi terjadinya bencana di wilayah Kabupaten Tolitoli, Kodim 1305/BT menggelar Kegiatan Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana TA 2021.

Acara tersebut digelar di tempat Wisata Sabang Desa Sabang Tende Kecamatan. Galang Kabupaten Tolitoli, Jumat (01/10/2021) itu mengambil tema, “Bersama TNI Meningkatkan Kesadaran dan Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Terjadinya Bencana Alam”.

Dandim 1305/BT, Letkol Farid Yudis Purwanto yang diwakili Kasdim 1305/BT Mayor Inf Iko Power mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah membantu melaksanakan kegiatan ini, sehingga melalui kegiatan ini kesiapan menangani bencana perlu segera dilakukan, karena Kabupaten Tolitoli saat ini telah memasuki musim penghujan.

“Wilayah kita sudah memasuki musim penghujan, perlu adanya antisipasi awal. Salah satunya dengan kegiatan ini untuk menghadapi kemungkinan terburuk di beberapa wilayah. Diluar hal tersebut kami berharap tidak ada bencana di wilayah Kabupaten Tolitoli, sehingga pentingnya kerjasama (gotong royong) agar selalu terus dilakukan.” jelasnya.



Sementara itu, Kasie Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Tolitoli Oktavianus Wesa, SP yang hadir sebagai pemateri menjelaskan beberapa materi seperti mitigasi, peringatan dini, dan kesiapsiagaan, serta tugas dan fungsi BPBD.

“Tujuan edukasi kebencanaan untuk meminimalisir dampak dan resiko dari bencana. Meskipun saya ketahui pihak TNI pasti sudah berpengalaman dan memiliki penanganan yang terbaik. Namun, tetap perlu ada koordinasi seperti saat ini,” ucapnya.

Kegiatan diikuti oleh Serka Widodo (Mewakili Danlanal Tolitoli). Kapolsek Galang Iptu Salman Putra Pratama, S.Tr.K (Mewakili Kapolres Tolitoli). Kadis Pariwisata, Urip Halim, Kepala seksi kesiapsiagaan BPBD Tolitoli, Oktavianus Wesa, SP., Pjs. Danramil 1305-11/Galang, Peltu Joko Harianto, Kades Sabang, Moh. Suhri Budding, Anggota Koramil 1305-11/Galang 5 orang, Anggota Polsek Galang 5 orang serta Tamu undangan dan Pramuka.

Usai melaksanakan sosialisasi dan tanya jawab, kegiatan ditutup dengan kerja bakti bersama bersih-bersih sampah di area pantai Sabang bersama masyarakat sekitar ***ERWIN***