Kerja Bakti Babinsa Sertu Asmawan Bersama Warga Bersihkan Saluran Irigasi

Tolitoli, Sulteng Kabartoday.com – Kerja bakti merupakan sarana kebersamaan untuk menjalin komunikasi Sosial (Komsos) antara Babinsa dengan warga guna membantu tercapainya suatu kenyamanan desa dengan melakukan pembersihan saluran pengairan sawah bagi kepentingan para petani.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1305-10/Dampal Selatan Sertu Asmawan Minggu (24/10/2021) bersama warga masyarakat bergotong-royong membersihkan saluran irigasi yang tersumbat akibat banyaknya sampah serta rumput liar yang menumpuk.

Babinsa Sertu Asmawan mengatakan, kegiatan kerja bakti ini merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan pertanian dalam menciptakan swasembada pangan dan mengoptimalkan sistem irigasi dengan baik.

“Sebelum dimulainya kegiatan kerja Bhakti masyarakat diberikan arahan dan doa bersama, sehingga untuk mendapatkan hasil yang optimal harus dilakukan pembersihan saluran air supaya tidak tersumbat yang dapat menyebabkan genangan air serta menimbulkan banjir,” ungkap Babinsa Sertu Asmawan

“Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus dijaga kelancarannya, sehingga sektor pertanian mampu panen yang baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani,” Tambah Babinsa Sertu Asmawan

Selain itu, Danramil 1305-10/Dampal Selatan Kapten Inf Semuel Tupu kepada media kabartoday.com mengatakan kerja bakti gotong-royong yang dilakukan Babinsa Sertu Asmawan bersama masyarakat ini akan mempererat jalinan silaturahmi antara Babinsa dengan warga.

“Dengan kerja bakti ini, masyarakat akan saling mengenal dan mewujudkan kemanunggalan TNI bersama rakyat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya pun berharap apabila saluran irigasi sawah lancar maka hasil panen petani akan lebih maksimal, dengan demikian ketahanan pangan khusunya di wilayah Dusun Silumba Desa Dongko Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli.

“Kecamatan Dampal Selatan saat ini dikenal sebagai kecamatan penghasil gabah terbesar di kabupaten Tolitoli, maka dari itu, saya selaku Danramil Dampal selatan sangat bersyukur bisa membantu masyarakat, pemerintah pusat hingga daerah dalam menciptakan ketahanan pangan diwilayah Dampal Selatan, hal ini seperti yang di harapkan dari komando atas untuk meningkatkan pagan di daerah,” Pungkas Kapten Inf Semuel Tupu. ***