KEREN.. Sat Samapta Modifikasi Mesin Pompa Air Jadi Lanting Pemadam

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Setelah sebelumnya kendaraan dinas Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dimodifikasi menjadi alat pemadam kebakaran (Damkar), Sat Samapta Polres Pulang Pisau kembali berkreasi dengan membuat alat yang diberi nama Lanting Pemadam Karhutla.

Saat dikonfirmasi Media ini, Kamis (24/06), Kapolres Pulang Pisau, AKBP Kurniawan Hartono melalui Kasat Samapta, Iptu. Junedinoto menjelaskan, kreasi ini dibuat sebagai wujud upaya kesiapan Polres Pulang Pisau dalam penanggulangan Kathutla.

“Bahannya sangat murah, efektif dan efisien penggunaannya, terutama dalam pemadaman Karhutla dengan sumber air embung, kolam, tabat/ sekat kanal dan parit sekunder,” tutur Junedinoto.

Selain itu, lanjut ia, alat ini juga bisa membantu pada mobilisasi Sarpras Karhutla, sebab terkadang untuk menjangkau lokasi pada saat melakukan pemadaman, akses jalur air melalui kanal atau parit sekunder harus mengangkut mesin dengan cara digotong dan jaraknya yang begitu jauh.

“Kalaupun menggunakan sarana klotok serta alkon, terkadang kita terkendala saat hendak balik dikarenakan debit air surut. Tapi dengan alat Lanting ini, tinggal kita larutkan saja memanfaatkan arus air parit sekunder dan kita cukup lihat arusnya saat pasang ataupun surut,” terang Junedinoto.

Dirinya juga mengungkapkan, pembuatan Lanting Pemadam ini menggunakan material cukup sederhana, yakni dengan menggunakan jerigen kapasitas isi 20 liter atau 35 liter sebanyak 6 buah, kayu galam ukuran 3 cm – 5 cm, selang dan mesin pompa air.

“Kemudian kita rakit dengan caranya diikat menggunakan karet getah. Untuk bobot beratnya juga cukup ringan dan bisa diangkut dengan mudah,” tambahnya.

Harapan kita kedepan, ucapnya lebih lanjut, semua sarana yang kita miliki dapat kita gunakan seefektif mungkin dalam upaya penanggulangan Karhutla tentunya tetap menyesuaikan dengan situasi dan kondisi dilapangan.

“Kita akan selalu berkreasi, siap dan waspada dalam pencegahan dan Penanggulangan Karhutla, karena ini juga masuk dalam 4 Fokus Kapolda Kalimantan Tengah Irjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M.,” pungkasnya. KABAR TODAY.COM