Kejari Tolitoli Musnahkan Barang Bukti Kejahatan

ERWIN | TOLITOLI – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tolitoli Sulawesi Tengah memusnahkan barang bukti (BB) kejahatan dari berbagai perkara tindak pidana umum, Selasa, 31 Maret 2020. Barang yang dimusnahkan tersebut merupakan barang bukti dari berbagai kasus kejahatan tindak pidana umum yang sudah mendapatkan vonis dari Pengadilan Negeri (PN) Tolitoli atau sudah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Pemusnahan Barang Bukti (BB) tersebut dilaksanakan di halaman depan Kantor Kejari Tolitoli di jalan magamu, kecamatan Baolan, kabupaten Tolitoli, dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tolitoli, Dedy Koerniawan, SH. MH dan dihadiri para kepala seksi (Kasi), kasubsi serta para jaksa di lingkungan Kejari Tolitoli, dan awak media.

Kejari menjelaskan pemusnahan barang bukti dari berbagai kasus kejahatan tindak pidana umum tersebut memang merupakan keharusan sesuai ketentuan aturan hukum yang berlaku. Barang bukti kejahatan tersebut dirampas untuk dimusnahkan, kata dia, setelah kasus kejahatan dimaksud sudah mendapatkan vonis Majelis Hakim PN Tolitoli dan sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah).

“Jadi setelah kasus kejahatan divonis hakim, sesuai aturan dan ketentuan hukum yang berlaku, barang bukti kejahatan dimaksud dirampas untuk dimusnahkan negara dalam hal ini Kejaksaan Negeri Tolitolj,” kata kejari Dedy Koerniawan SH, MH.

Dia mengatakan pemusnahan barang bukti yang dilakukan Kejari Tolitoli dari berbagai kasus kejahatan tindak pidana umum dari Januari 2019 Hingga Februari 2020. Adapun barang bukti kejahatan yang dimusnahkan tersebut, antara lain narkotika jenis Shabu seberat 443.81268 Gram, Pil Koplo (THD) sebanyak 1.738 Butir, obat Asam Urat Ilegal ratusan dos, , HandPhone, dan puluhan hasil kejahatan lainnya.

Kasipidum Tolitoli Jusrin SH, menjelaskan seluruh barang bukti yang dimusnakan dari berbagai tindak pidana, Narkotika sebanyak 63 perkara, dan tindak pidana umum lainnya sebayak 27 Perkara, semua barang Bukti (BB) dimusnakan dengan cara di bakar, dan untuk jenis narkotika dilarutkan dalam campuran cairan pembersih lantai/Air keras ( Soda Api).

“Seluruh barang bukti kejahatan itu kami musnahkan semua dengan cara ada yang dibakar, dan dilarutkan dengan mengunakan cairan Air keras (Soda api),” katanya. KABARTODAY.com