Kejari Tolitoli musnahkan barang bukti dari 24  perkara pidana

Tolitoli, Kabartoday.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tolitoli melalui Pj. Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Arie Trifantoro, SH. memusnahkan barang bukti dari 24 perkara, dari berbagai tindak pidana selama tahun 2020 bulan November hingga maret 2021, di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Tolitoli, Senin (29/03/2021).

Kepala Kejaksaan Negeri Tolitoli, Deddy Koerniawan SH., MH. yang dikonfirmasi media ini menyebut barang bukti tersebut sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht) untuk dimusnahkan berdasarkan putusan hakim.

“Pemusnahan perkara dalam triwulan pertama 2021, sekitar 24 perkara yang sudah mempunyai keputusan Hukum tetap (Inkracht),” kata Deddy Koerniawan.

Ditempat yang sama Pj. Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Arie Trifantoro, SH, mengatakan, ada terdapat 16 perkara jenis barang bukti yang dimusnahkan, kebanyakan dari perkara tindak pidana penyalahgunaan narkotika terkait Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 dan 8 Perkara tindak pidana umum lainnya.

“Jenis barang bukti yang dimusnahkan mulai dari 14,4674 gram Shabu, senjata tajam jenis parang dan badik, mesin dispenser Pom Mini 3 Unit, serta barang bukti tindak pidana umum lainnya yang sudah berkekuatan hukum tetap (Inkrah)” Ungkap Arie.

Ia menambahkan, Saat pemusnahan barang bukti terdapat puluhan ponsel berbagai merek yang menjadi barang bukti pendukung perkara narkotika dan kejahatan lainnya.



Pemusnahan barang bukti dilakukan dengan cara pembakaran, pemotongan menggunakan gerinda, dan pemusnahan narkoba dilakukan dalam mesin Blender milik Kejaksaan Negeri Tolitoli.

Menurut dia, pemusnahan barang bukti ini sebagai bentuk transparansi informasi publik serta menjalin sinergi antar instansi pemerintah dan masyarakat.

Hadir dalam pemusnahan barang bukti tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Tolitoli Deddy Koerniawan sH., MH, beserta jajaran, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Tolitoli di Laulalang beserta anggota, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Tolitoli di Ogotua beserta anggota, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Tolitoli di Bangkir beserta anggota.***