Kejari Tolitoli Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Tolitoli,Sulteng | Kabartoday.com – Dari Pantauan Media kabar today.com dilapangan Kamis Kemarin 30/09/2021 Kejaksaan Negeri (Kejari) Tolitoli mengibarkan Bendera Setengah tiang dihalaman Kantor Kejaksaan Negeri Tolitoli, hal ini di lakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang yang telah mengorbankan nyawa mereka dalam mempertahankan bangsa Indonesia.

Sehari kemudian, tepatnya pada tanggal 01 Oktober 2021, kejaksaan Negeri Tolitoli kembali mengibarkan Bendera merah putih satu tiang penuh. Ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada hari Jum’at.

Kasi Intel kejaksaan Negeri Tolitoli Junaidi Atjo, SH kepada media kabartoday.com mengatakan Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional di Indonesia yang diperingati setiap 1 Oktober sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967, Maka dari itu kita harus mengibarkan bendera setengah tiang.

“Ini terjadi setelah Peristiwa Gerakan 30 September yang lebih dikenal sebagai G30S atau G30S/PKI, dan kami juga melaksanakan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021, dan pengibaran bendera merah putih dilakukan mulai dari Kantor Kejaksaan negeri Tolitoli hingga seluruh kantor cabang kejaksaan yang ada di kabupaten Tolitoli,” Ungkap Junaidi Atjo, Jumat Siang.

Ia menambahkan pada peristiwa tersebut, enam jenderal serta beberapa orang lainnya dibantai sekelompok orang yang menurut otoritas militer saat itu terafiliasi dengan Partai Komunis Indonesia. Serta gejolak yang timbul akibat G30S/PKI sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh Tentara Nasional Indonesia, sehingga dinamakan Hari Kesaktian Pancasila.

“Pemasangan bendera setengah tiang pada tanggal 30 September Ini sebagai bentuk penghormatan kami untuk menghormati Pahlawan Revolusi dan mengingat tragedi yang menyedihkan dalam sejarah bangsa Indonesia, serta menjelang peringatan tragedi G30S dan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.” Pungkasnya ***