Kapolsek Kahayan Hilir Cek Lokasi Terdampak Banjir Rob

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kapolsek Kahayan Hilir, Ipda Abi Wahyu Praseto, S.Tr.K didampingi Kanit Reskrim Polsek Kahayan Hilir, Aipda. Rafli, S.Hut., S.H., Kepala Desa Mantaren I, Yatno Gustanto serta perangkat Desa Mantaren I melakukan pengecekan di lokasi banjir Rob.

Lokasi banjir Rob yang terpantau naik tersebut berada dilingkungan RT. 03 Desa Mantaren I, Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau yang mempunyai karakteristik dataran agak rendah dibandingkan lingkungan RT yang lain karena tepat berada di belakang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan, sehingga sangat mudah air pasang naik.

“Banjir Rob itu disebakan adanya pertemuan air laut yang masuk ke DAS Kahayan bertemu dengan air kiriman dari Hulu DAS Kahayan dan sifatnya hanya musiman,” kata Kapolres Pulang Pisau, AKBP. Yuniar Ariefianto SH.,S.I.K.,M.H melalui Kapolsek Kahayan Hilir kepada media ini, Kamis, (08/04).

Ditambahkan Kapolsek, naiknya air tersebut, hanya sementara saja. Untuk di lingkungan RT. 03, Desa Mantaren I ini yang tergenang hanya jalan dan halaman rumah warga serta sebagian kecil ada yang tergenang bagian dapur warga. Ketika air di DAS Kahayan surut maka air secara otomatis juga akan surut.

“Biasanya air pasang itu naik sekitar jam 14.00 WIB dan akan turun atau surut sekitar jam 17.00 WIB. Dalam kata lain, durasi banjir rob berkisar kurang lebih 3 jam saja,” terangnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, saat dilakukan pengecekan disekitar areal banjir baik rumah warga maupun jalan tidak ditemukan kerusakan yang berarti ataupun kerugian material.
Saat dilakukan pengecekan kondisi jalan masuk RT. 03 dan areal rumah warga tidak terdapat banjir alias kering

“Meskipun demikian, selaku Kapolsek saya mengimbau agar warga khususnya di wilayah hukum Polsek Kahayan Hilir yang rawan banjir agar tetap waspada dan berhati-hati,” tutupnya. KABAR TODAY.COM