Cegah Covid-19, Kapolres Pulpis Pinta ABK Turun Kapal Diberlakukan SOP

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kapolres Pulang Pisau (Pulpis), AKBP Siswo Yuwono BPM meminta seluruh Anak Buah Kapal (ABK) agar diberlakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebelum turun dari kapal sebagai upaya mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) di wilayah hukum Polres setempat.

“SOP tersebut diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, didisinfeksi serta diwajibkan untuk selalu menggunakan masker bagi seluruh ABK,” kata Siswo, Minggu (29/03).

Siswo mengatakan, dirinya telah melakukan komunikasi dengan Kepala Depo Pertamina Pulpis, Agustinus. Ia meminta, apabila ada kapal tanker yang merapat, agar sebisa mungkin ABK tidak turun dari kapal.

“Kalaupun ABK terpaksa harus turun dari kapal, semisal untuk berbelanja sembako, maka saya minta diberlakukan SOP tersebut,” tegasnya.

Tidak hanya itu saja, Siswo juga mengaku telah melakukan hal yang sama kepada Kepala PT. PJB PLTU Pulpis, dimana ada kapal tongkang yang memuat batubara sebagai bahan bakar utama pembangkit listrik di Perusahaan tersebut.

“Saya menyadari bahwa Depo Pertamina dan juga PT. PJB PLTU Pulpis menjadi pintu masuk orang dari luar pulau ke Pulpis ini, sehingga perlu diwaspadai dan diatensi lebih, guna mengendalikan penyebaran Covid-19 di daerah kita,” tutupnya. KABAR TODAY.COM