Kapolres Pulpis Pimpin Apel Ops Mantap Praja Telabang, Amankan Pilkada 2020

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Sebagai upaya menjaga kondusifitas dan keamanan menjelang Pilkada Serentrak Tahun 2020 Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Polres Pulang Pisau (Pulpis) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Praja Telabang 2020 di lapangan Mapolres setempat, Rabu (02/09) pukul 08.00 WIB.

Apel yang dipimpin Kapolres Pulpis, AKBP. Yuniar Ariefianto, S.H., S.I.K., M.H. tersebut dihadiri Kajari Pulpis, Bupati Pulpis yang diwakili Asisten Sekda dan Pabung Kodim 1011/Kuala Kapuas Mayor Subur. Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan sarana prasarana yang dimiliki Polres Pulpis untuk mendukung pelaksanaan Ops Mantap Praja Telabang 2020.

Dalam sambutannya, Kapolres Pulpis, membacakan amanat Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si., M.M. bahwa Pilkada tahun 2020 ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena Pilkada kali ini dilaksanakan di tengah-tengah pandemi Covid-19, dimana pemerintah telah gencar-gencarnya melaksanakan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan, di antaranya yang menjadi perhatian bagi polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran berita hoax dan hate speech,” beber Kapolda Kalteng.

Kapolres melanjutkan, Polri dibantu dengan unsur TNI dan stakeholders terkait lainnya akan menggelar Ops Mantap Praja Telabang 2020 selama kurang lebih 136 hari kedepan, mulai dari tanggal 3 September 2020 sampai dengan tahapan pelantikan pasangan calon terpilih.

“Dengan tetap mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen maupun penegakan hukum,” tegasnya.

Menurut Kapolres, kegiatan ini bertujuan mengetahui kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri sebelum diterjunkan ke lapangan pada saat pelaksanaan pengamanan tahapan pilkada serentak nanti.

“Mudah-mudahan pada pengamanan Pilkada 2020 ini, seluruh jajaran Polri, TNI bersama unsur pemerintah setempat, bisa mengawal dan mengamankan setiap tahapan dengan sebaik-baiknya,” pungkas Kapolres didampingi Kabagops Polres Pulpis AKP. Sahat Martua Pasaribu, S.H. KABAR TODAY.COM