Kapolres Pulpis Hadiri Penandatangan Komitmen Bersama Lawan Karhutla

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kapolres Pulang Pisau (Pulpis), AKBP. Yuniar Ariefianto SH.,S.I.K.,M.H memberikan apresiasi atas inisiatif dari Kapolsek Kahayan Hilir bersama instansi terkait serta Tokoh Masyarakat dan Organisasi Masyarakat untuk mendukung pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Wilayah Hukum Polsek Kahayan Hilir.

Hal itu disampaikan Kapolres Pulpis, saat menghadiri kegiatan Penandatangan Komitmen Bersama Pencegahan, Penanggulangan dan Deklarasi Bersama Lawan Karhutla dengan didampingi Kepala Kejakasaan Negeri Pulpis, Triono Rahyudi, Kepala Pengadilan Negeri Pulpis, Agung Nugroho, Camat Kahayan Hilir, Sugondo, Kapolsek Kahayan Hilir, IPDA Widodo serta Danramil 1011/KLK, Kapten Arh. Yulius.

“Dampak dari Karhutla itu, selain merusak lingkungan juga menimbulkan asap yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita,” kata Kapolres usai menandatangani pakta integritas di Mako Polsek Kahayan Hilir, Rabu (03/06).

Kapolres juga menambahkan, akan sangat berbahaya lagi kalau dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini terjadi Karhutla. Menurutnya, dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat sangat banyak, terutama asap akibat Karhutla menyebabkan masyarakat rentan terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

“Karena ISPA juga dapat memicu kita terkena virus corona atau Covid-19 ini. Oleh sebab itu, mari kita jaga lingkungan supaya tidak terjadi Karhutla,” ajak Yuniar.

Kegiatan diakhiri dengan simulasi pemadaman kebakaran serta membacakan Deklarasi Pencegahaan Karhutla dan melawan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pulpis pada umumnya dan di Kecamatan Kahayan Hilir khususnya.

“Kami akan terus melakukan kegiatan serupa secara bertahap hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Semoga kita semua terhindar dari ISPA dan Covid-19,” singkat Kapolres. KABAR TODAY.COM.