Kapolda Kalteng Tinjau Latihan Simulasi Penanggulangan Karhutla

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Latihan Simulasi Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang digelar selama 3 (Tiga) hari di kawasan lahan Desa Tumbang Nusa, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau ditutup dengan latihan gabungan, Kamis (20/05).

Latihan yang melibatkan ratusan personel dari Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), Korem 102 Panju Panjung, Polres Pulang Pisau dan instansi terkait tersebut, ditinjau langsung oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dr Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M bersama Pejabat Utama Polda.

Dari pantauan media ini Kapolda Kalteng terpaksa harus menerobos semak belukar dan hutan belantara untuk memantau langsung jalannya latihan simulasi di medan yang sebenarnya ini.

Dalam arahannya, Kapolda Kalteng mengapresiasi pelaksanaan latihan simulasi karena sudah dilaksanakan dengan serius dan penuh tanggungjawab.

“Namun demikian, latihan seperti ini harus terus dilaksanakan dan ditingkatkan untuk menambah ketrampilan serta kemahiran personel dalam menanggulangi Karhutla,” ucap Dedi.

Pada kesempatan itu, Dedi juga menekankan pentingnya Standart Operasional Prosedur (SOP) penanggulangan Karhutla, mulai dari pencegahan, pemadaman serta penegakkan hukumnya.

“Pembagian tugas masing-masing personel harus jelas, sehingga upaya penanggulangan Karhutla berhasil dengan baik,” imbuhnya.

Dirinya berharap, masing-masing instansi dapat bekerjasama dan saling bahu-membahu dalam menanggulangi karhutla.

“Koordinasi antar instansi, baik Polri, TNI dan pemerintah harus kita tingkatkan, karena kita mempunyai tujuan yang sama, yaitu penanggulangan Karhutla guna mencegah bencana kabut asap seperti yang terjadi pada beberapa tahun yang lalu,” pungkas Dedi. KABAR TODAY.COM