Jumlah ODP di Kabupaten Pulpis Terus Menurun

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), dr. Muliyanto Budihardjo, M.Hlth.Sc, menyampaikan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) cenderung menurun.

“Hari ini ODP berkurang 3 orang lagi, hal ini dikarenakan 3 orang tersebut telah selesai masa pemantauannya, sehingga ODP hari ini tersisa 2 orang dari sebelumnya (kemarin) yang berjumlah 5 orang,” terangnya dalam Rapat Analisa dan Evaluasi (Anev) di Posko Gugus Tugas Covid-19 di Gedung PSC 119 Pulpis, Minggu (03/05).

Dikatakan pria yang akrab disapa Pak Mul ini, bahwa ketiga ODP tersebut berasal dari Kelurahan Pulpis, Kecamatan Kahayan Hilir yang telah selesai menjalani masa pemantauannya.

“Tentu ini menjadi kabar baik dalam penanganan Covid-19 ditempat kita, karena sudah lebih dari seminggu ini ODP kita cenderung menurun. Selain itu ada juga 1 orang pasien positif covid-19 yang juga telah sembuh,” ungkapnya.

Total ODP hari ini, lanjut Pak Mul, 2 orang tersebut berada di Kelurahan Pulpis, Kecamatan Kahayan Hilir 1 orang, dan di Desa Sebangau Mulya, Kecamatan Sebangau Kuala 1 orang. Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 2 orang, yang berada di Desa Garantung Kecamatan Maliku 1 orang, dan 1 orang dari Desa Tahawa Kecamatan Kahayan Tengah.

“Kedua PDP tersebut saat ini masih menjalani isolasi dan perawatan di RSUD Dorys Silvanus Palangka Raya,” imbuhnya.

Kalaupun ada OTG (Orang Tanpa Gejala) bertambah, menurut Pak Mul itu hal yang wajar dalam situasi pandemi covid-19 seperti saat ini. Seperti diketahui, bahwa OTG ini merupakan orang yang tidak bergejala dan memiliki resiko tertular dari orang positif Covid-19 dikarenakan baru datang dari wilayah yang terjangkit corona virus, atau orang yang ada kontak erat dengan kasus positif COVID-19.

“Update hari ini ada penambahan OTG 2 orang, sehingga total OTG menjadi 102 orang, sedangkan jumlah OTG yang selesai pemantauan ada 26 orang. Penambahan OTG tersebut berasal dari Kecamatan Kahayan Hilir, yakni Kelurahan Pulang Pisau 1 orang dan Desa Mentaren II 1 orang,” tambahnya.

Lebih lanjut, Pak Mul menjelaskan untuk pasien Positif covid-19 total ada 5 orang, dengan sebaran 1 orang dari Desa Bawan, Kecamatan Banama Tingang, 1 orang dari Desa Sigi, Kecamatan Kahayan Tengah, 1 orang dari Desa Pangkoh Hulu, Kecamatan Pandih Batu, 1 orang dari Desa Garantung, Kecamatan Maliku, dan 1 orang dari Desa Mentaren II Kecamatan Kahayan Hilir.

“Satu pasien Positif Covid-19 yang dari Desa Bawan telah dinyatakan sembuh, sedangkan 4 pasien Positif covid-19 lainnya masih dalam perawatan RSUD Dorys Silvanus Palangka Raya,” tutur Pak Mul.

Tim Gugus Tugas Covid-19 hari ini juga telah melakukan pemeriksaan dini berupa screening terhadap 15 orang tenaga kerja di PLTU Pulpis. Dimana ke 15 orang yang di screening tersebut berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat (Kabar).

“Kita tetap optimis, semoga dengan sinergi dan kerjasama yang baik dengan semua pihak, pandemi Covid-19 ini bisa kita tangani dan segera berakhir,” tandasnya. KABAR TODAY.COM