Jelang Pilkada Serentak TNI/Polri Gelar Simulasi Sispam Bawaslu

Tolitoli | Kabartoday.com – Pengamanan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020, TNI/ Polri menggelar simulasi sistem pengamanan (sispam) di halaman kantor Bawaslu di Jalan Hi Mallu Kelurahan Tuweley Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli, Minggu (29/11) pagi.

Pengamanan pemilihan kepala daerah langsung di saksikan oleh orang nomor satu di tubuh polres.

Pada kesempatan yang sama Kapolres Tolitoli AKBP Budhi Batara Pratidina SH SIK MH mengatakan simulasi sispam ini bertujuan untuk kesiapan menghadapi kejadian buruk yang mungkin terjadi pada pemilihan serentak 9 Desember mendatang.

“Simulasi ini bertujuan untuk mengtahui kesiapan kita menghadapi kejadian buruk, dan Insya Allah Tolitoli tetap aman, artinya kita selalu siap menghadapi kemungkinan dengan melibatkan semua stakeholder beserta elemen masyarakat,” kata Kapolres Tolitoli.

Lanjut Bhudi, Simulasi sispam Bawaslu ini dilakukan oleh personel Polres Tolitoli, Kodim 1305/BT, Lanal Tolitoli setra personel Kompi Brimob Tolitoli dengan memperagakan simulasi pengamanan di duga bom yang ditemukan di depan kantor Bawaslu.

“Dalam Simulasi ini, kami melibatkan semua aparat Mulai Dari TNI AD Kodim 1305/BT, TNI AL, personil Polres Toli toli Dan Personil Kompi Brimob. kegiatan ini bertujuan untuk mengamankan atau mengantisipasi Kantor Bawaslu dari ancaman ganguan oleh orang yang tidak di kenal menaruh sesuatu di depan kantor Bawaslu “BOM” ungkap Kapolres

Ditambahkanya Sehari sebelumnya, Polres Tolitoli juga telah melaksanakan simulasi penerapan protokol kesehatan saat di TPS pada Jumat (27/11) kemarin. Simulasi dilakukan oleh Anggota Linmas di halaman Mako Polres Tolitoli yang disaksikan langsung oleh Forkopimda Kabupaten Tolitoli serta penyelenggara pemilihan serentak yaitu KPU dan Bawaslu.

“Untuk saat ini kita harus memastikan anggota sudah siap, karena dinamika situasi yang akan terjadi dilapangan tidak pernah diketahui, hal ini sangat dinamis, maka dari itu, kita persiapkan betul agar anggota paham ketika terjadi eskalasi seperti ini” ucap Kapolres Tolitoli.

“Dengan pembelajaran yang kita berikan ini serta pelatihan kita praktekan juga, supaya personel dalam tugasnya nanti bisa melaksanakan tugas dengan baik,” tambahnya.

Lagi, Kapolres Tolitoli juga berpesan kepada masyarakat agar sama-sama berpikir objektif dan harus bijak menggunakan media sosial.

“Untuk masyarakat harus sama-sama bijak dalam menggunakan media sosial, apalagi ini tahun Pilkada, kritis boleh tapi harus ada nilai kesantunan yang perlu kita junjung tinggi,” PungkasKapolres Tolitoli. ***ERWIN***