Jelang Natal Dan Tahun Baru Polres Tolitoli Gelar Apel Ops Lilin Tinombala 2019

ERWIN | TOLITOLI – Menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Polres Tolitoli menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin Tinombala 2019 di halaman apel Mako Polres Tolitoli, Kamis (19/12/2019) pukul 08.00 WITA.
Apel gelar pasukan ini diikuti oleh TNI-Polri, Satuan Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, Senkom, Dinas Kesehatan, Saka Bhayangkara dan staf Kantor PLN Kabupaten Tolitoli.

Apel gelar pasukan menyambut Natal dan Tahun baru 2020 dipimpin oleh Dandim 1305/BT Letkol Inf Gunnarto SH, Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono ST M.Tr Hanla MM dan Waka Polres Tolitoli Kompol M Nur Asjik S.Sos.

Kapolres tolitoli yang di wakili Waka Polres Tolitoli saat membacakan amanat Kapolri mengatakan Operasi Lilin 2019 ini dimaksudkan untuk pengamanan perayaan selama Natal 2019 dan pergantian Tahun menyambut tahun baru 2020.

“Ini merupakan operasi rutin setiap tahun dari Kepolisian republik Indonesia yang terpusat, dan akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari Senin tanggal 23 Desember 2019, sampai dengan hari Rabu tanggal 1 Januari 2020” ucap Waka Polres Tolitoli.

Lanjut Waka Polres Tolitoli, Oprasi Tinombala menyambut hari Matal 2019 dan Tahun Baru 2020 akan terpusat di tempat keramaian, salah satunya terfokus pada rumah ibadah.

“Fokus pengamanan adalah gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan dan bandara” Tuturnya

Ditambahkanya lagi, Apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini, bertujuan untuk memastikan kesiap siagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Tujuan dilaksanakannya Apel gelar. pasukan ini di maksud untuk mengecek kesuapan anggota dalam melaksabakan proses pengamana malam Natal dan Tahun Baru di wilayah hukum Polres Tolitoli,” ucap Waka Polres Tolitoli, membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, M.Si.

Lanjut lagi, Waka Polres Tolitoli juga menyebutkan potensi-potensji kerawanan yang harus di antisipasi yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial dan tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan dan pesta narkoba ataupun minuman keras.

“Kerawanan menjelang malam pergantian tahun harus mendapatkan pengawasan secara ketat terutama di Objek objek vital didalam Kota Tolitoli, Pungkasnya. KABARTODAY.com