Idhamsyah : Biarlah Semua Seperti Air Mengalir

 JAYA MARHUM/KASMIN SAPUTRA | BANGGAI LAUT – Selaku Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Banggai Laut (Balut), ia adalah penjabat pelanjut. Untuk melaksanakan seluruh tugas pejabat sebelumnya. Membantu bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan dan administrasi, juga selaku Ketua TAPD secara normatif yang menyelaraskannya dengan regulasi.

Dr. Idhamsyah, SH, M.Si, Pj. Sekdakab Banggai Laut menjelaskan itu kepada Kabar Today di Banggai, usai pelepasan rombongan jamaah haji Balut, baru-baru ini.

Selaku pejabat daerah kata Idham. niatnya ingin membangun daerah dan itu tidak perlu diragukan. Apalagi Balut masih terkategori daerah tertinggal dari berbagai sisi. Jadi butuh dibangun.

Dari sudut lain, Balut memiliki keunggulan-keunggulan komparatif berupa natural resources (sumber daya alam) melimpah yang bisa dijadikan modal membangunan daerah.

Bagaimana dengan SDM (sumber daya manusia)-nya? Menurut Idham, Balut sudah siap karena banyak kader dengan sumber daya insani yang mumpuni. Termasuk kader-kader yang akan menjadi pejabat penting daerah ini.
Balut dimata Idham adalah daerah yang kini terus berbenah dengan segenap potensi yang ada.

Tercatat sebagai daerah yang menurut penilaian pusat berhasil dalam hal penata kelolaan pemerintahan dan keuangan.

Dua tahun berturut memperoleh WTP, tidak lantas membuat hati puas. Karena masih banyak yang harus dibuat agar Balut bisa sejajar dengan daerah lain.

Balut memperoleh penilIan tercepat dalan pelaporan 100 persen mutu pendidikan. Sudah menggratiskan pasien Klas III dengan koperes BJS yang selalu diperoleh. Balut juga sudah memiliki banyak dokter ahli yang dibiayai Pemda. Seperti anastesi, ahli dalam, anak, dokter bedah dan lain-lain untuk mendukung kinerja rumah sakit daerah.

Bagi Idham, mengabdi tanpa pamrih adalah nomor satu. Menyinggung jabatan, itu soal kedua. Tapi bagaimana Balut dibangun dan masyarakatnya bisa sejahtera. “Jabatan adalah titipan Allah, kapan saja bisa diambil. Namun kalau Allah berkehendak, tak akan bisa dibendung. “Dia yang Maha. Yang mengatur segalanya. Biarlah semua mengalir bagai air,” kata Idhamsyah.

Dalam kaitan peningkatan SDM menurut Idham, jajarannya diikutkan dalam study belajar atau kursus-kursus dan pelatihan.

Bahkan bagi anak-anak Balutt takkan perlu jauh-jauh melanjutkan studi bangku kuliah, karena akan dibuka kerjasama Pemda Balut dengan pihak Universitas Muhammadiyah (Unismuh) yang lounchyngnya dalam waktu dekat. KABAR TODAY.