IAD Daerah Tolitoli Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Menyasar Usia Pelajar 12 Tahun Keatas

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Untuk mendukung akselerasi vaksin kepada pelajar, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Tolitoli bekerjasama dengan TP-PKK Tolitoli mengelar Vaksinasi Covid-19 dosis I dan Dosis II yang menyasar ribuan Pelajar usia 12 tahun keatas yang ada disekolah di kecamatan Baolan dan Galang, kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Selasa (12/10/2021).

Kegiatan Vaksinasi Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Tolitoli digelar di Lima (5) Titik lokasi berbeda diantaranya SMAN 1 Tolitoli, SMKN 1 Tolitoli, SMPN 1 Tolitoli, SMKN 1 Galang, SMAN 2 Tambun.

Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Tolitoli Ny. Lea Shinta Koerniawan yang ditemui di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 1) Baolan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu prioritas utama IAD Daerah Tolitoli dan TP-PKK dalam membantu pemerintah kabupaten Tolitoli untuk menjaga anak bangsa terhindar dari penularan Virus Corona.

“Saat ini kami melakukan vaksinasi COVID-19 di sekolah sekolah, dan cara inilah paling efektif untuk menjaga kesehatan. Bukan hanya melindungi diri sendiri, dengan melakukan vaksinasi COVID-19, sehingga bisa melindungi keluarga dekat hingga kerabat untuk menurunkan risiko penyebaran dan penularan virus corona, apa lagi saat ini kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah dimulai,” Ungkap Ny. Lea Shinta Koerniawan.



Lanjut Ny. Lea Shinta Koerniawan, vaksin COVID-19 kepada para siswa setidaknya untuk mencegah anak anak kita dari berbagai perburukan gejala maupun komplikasi yang disebabkan oleh virus corona. Vaksinasi COVID-19 akan diberikan sebanyak 2 dosis. Dan vaksin yang di berikan adalah vaksin Jenis Sinovac.

“Setelah mendapatkan vaksin COVID-19, diharapkan para pelajar untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Tidak hanya itu saja, menjaga kesehatan agar imun tubuh tetap optimal menjadi hal yang perlu dilakukan. Menjaga pola makan, mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan mengelola stres menjadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh setelah vaksin.” Harapnya

Ia juga berharap dengan pemberian vaksin Sinovac bagi para pelajar, dan pelaksanaan ini bisa sangat membantu proses belajar mengajar di wilayah kabupaten Tolitoli.

“Ya hari ini total anak sekolah yang mendaftar untuk di vaksin Berjumlah 1507 Siswa. Dan target yang awalnya hanya 1000 Orang peserta, tetapi dengan melihat jumlah siswa yang sangat antusias di vaksin hari ini saya selaku ketua IAD Daerah Tolitoli merasa senang dan bangga serta mengucapkan terima kasih banyak kepada para siswa yang sudah mau menyukseskan program Vaksinasi,” kata Ny. Lea Shinta Koerniawan.

Perlu diketahui Kegiatan Vaksinasi IAD Daerah Tolitoli Bekerjasama den TP-PKK di SMKN 1 Tolitoli melibatkan tim vaksinator dari Puskesmas Kota Managaisaki dan vaksinator dari polres Tolitoli, untuk vaksinasi di SMAN 1 Tolitoli melibatkan tim vaksinator dari Dinas Kesehatan, sedangkan SMPN 1 Tolitoli melibatkan tim vaksinator Rumah sakit Mokopido Tolitoli, serta untuk SMAN 2 Tambun tim vaksinator dari puskesmas Baolan, dan SMKN 1 Galang dibantu oleh oleh tim vaksinator Puskesmas Galang.***