IAD Daerah Tolitoli Dan TP-PKK Gelar Vaksinasi Buat Anak Sekolah

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Dalam upaya melawan pandemi Covid-19 agar tidak menyebar di masyarakat, khususnya kalangan pelajar mulai darai tingkat SMP Dan SMA Hingga SMK, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Tolitoli bersama TP-PKK Kabupaten Tolitoli menggelar Vaksinasi di Gedung Aula SMA Negeri 1 Tolitoli Selasa (14/09/2021).

Ketua IAD Daerah Tolitoli Ny Lea Shinta Koerniawan meninjau langsung kegiatan tersebut mengatakan bahwa vaksinasi ini adalah program kerjasama antara TP-PKK Kabupaten Tolitoli dengan Ikatan Adhyaksa Darmakarini Daerah Tolitoli.

“Alhamdulilah kami telah menyiapkan 1000 Dosis untuk tiga sekolah, dan hari ini pelaksanaannya kegiatan di sekolah sekolah yang telah di tentukan,” Ungkap Ny Lea Shinta Koerniawan kepada media.

Menurutnya Vaksinasi ini diprogramkan khusus untuk para pelajar, agar para siswa yang ikut Kegiatan pembelajaran Tatap muka bisa lebih aman. dan Vaksinasi ini juga bukan sebagai standar untuk kegiatan pembelajaran Tatap muka, dan Kami programkan untuk anak-anak sekolah (SMP Dan SMA/SMK) yang sudah terlebih dahulu masuk sekolah,” jelas Lea Shinta.

Ia berharap masayarakat Tolitoli serta peran penting orang tua wali murid dan guru sehingga para siswa dapat tervaksinasi, agar dapat membangun Herd Immunity di tengah-tengah masyarakat dan dilingkungan Sekolah llyang ada diKabupaten Tolitoli, Untuk itu pihaknya nanti akan terus bekerjasama dengan semua pihak khususnya Lembaga Pendidikan agar target vaksinasi tersebut dapat tercapai.

“Saya mengharapkan para siswa nantinya semua mau di Vaksin agar nantinya bisa tercipta Herd Immunitydan sehingga ada kekebalan didalam tubuh kita, khususnya para siswa yang sebagai penerus bangsa, dan kegiatan vaksinasi ini di gelar di tiga tempat yang berbeda yakni SMA Negeri 1 Tolitoli, SMKN 1 Tolitoli Dan SMPN 1,” Pungkasnya

Sementara Itu Kepala sekolah SMA 1 Tolitoli Hatipah A. Kirab, S.Pd, M.Pd Mengapresiasi inisiatif Ketua IAD Daerah Tolitoli dan TP-PKK Tolitoli ini karena Pendidikan merupakan hal yang penting dan anak-anak yang ada dalam dunia Pendidikan adalah generasi penerus masa depan kita.

“Kami mengapresiasi inisiatif Ketua TP-PKK Dan IAD Daerah Tolitoli yang sudah mau mendahulukan lembaga Pendidikan dalam vaksinasi ini, dan kami berterimakasih karena telah dipercaya menjadi sekolah SMA Negeri 1 yang pertama yang menyelenggarakan vaksinasi Merdeka ini” ujar Hatipah A. Kirab, S.Pd, M.Pd

Kepala sekolah SMA Negeri 1 juga mengatakan bahwa harus terus disosialisasikan di tengah masyarakat tentang keharusan vaksinasi ini khususnya ke pelajar.

“Vaksinasi ini bukanlah hal yang menakutkan, tetapi justru hal yang niscaya harus dilakukan agar terbentuk imunitas ditengah-tengah masyarakat dan hari ini siswa SMA Negeri 1 yang di Vaksin sebanyak 150 siswa,” pungkasnya.

Sementara sekertaris Dinas kesehatan Tolitoli Safruddin A. Rahman,S.T,M.Eng yang di konfirmasi media ini menjelaskan bahwa kegiatan hari ini adalah kegiatan vaksinasi yang sudah beberapa digelar, dan khusus hari ini baru di selenggarakan di sekolah sekolah.yang ada di kabupaten Tolitoli.

“Gelombang pertama adalah vaksinasi kerjasama dengan Dinas Kesehatan Tolitoli, dan TP-PKK Serta IAD Daerah Tolitoli, yang disiapkan 1000 dosis untuk para siswa, dan nanti kita liat berapa yang terpakai,” Jelas Safruddin A. Rahman,S.T,M.Eng

Safruddin A. Rahman,S.T,M.Eng Mengatakan bahwa kegiatan ini adalah awal dari proses vaksinasi secara menyeluruh kepada seluruh siswa yang sudah berumur 12 Tahun dengan mengunakan Vaksin Sinovac.

“kali ini kita memberikan kepada siswa SMP dan SMA Serta SMK yang sudah berumur 12 Tahun keatas, karena mereka akan mengikuti pembelajaran Tatap Muka, dan nantinya kita akan masuk keseluruh sekolah untuk di vaksin,”terangnya

Namun demikian Safruddin A. Rahman,S.T,M.Eng Juga menyarankan agar setiap siswa dapat aktif untuk mengikuti vaksin secara mandiri ditempat tinggal masing-masing dan ditempat-tempat lain yang menyelenggarakan vaksin, seperti di Polres dan puskesmas, pungkasnya.