IAD Daerah Tolitoli Ciptakan Kreasi Motif Batik, Guna Memikat Masyarakat Lebih Suka Batik

Tolitoli Kabartoday.com – Meskipun telah ditetapkan hari batik tanggal 2 Oktober oleh UNESCO sejak 2009, beragam motif batik Indonesia pun mulai diakui sebagai warisan dari budaya dunia. Salah satunya untuk minat masyarakat Tolitoli ini harus lebih ditingkatkan, guna memikat masyarakat untuk lebih mencintai batik Tolitoli.

Untuk meningkatkan minat Warga Tolitoli dan memperkenal ciri khas Tolitoli agar dapat lebih mencintai batik, dalam hal ini ibu ibu Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Tolitoli menciptakan sebuah kreasi batik dengan aneka motif sejarah dan potensi lokal yang dikombinasikan dengan warna kekiniaan. 

Kreasi motif yang diciptakan seperti, motif rumah Adat Tolitoli, Burung Maleo dan gambar Cengkeh. Kreatifitas ini cukup disenangi saat hari raya Idul fitri 1442 H menjadi Lounching perdana dan dapat memikat masyarakat, khususnya kaum milenial yang lebih menyukai Fashion kekiniaan. 

ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Tolitoli Ny. Lea Shinta Koerniawan mengaku, dengan adanya batik Tolitoli yang di tampilkan saat ini, diharapkan generasi muda Tolitoli nantinya akan dapat menyukai motif kontemporer yang mengikuti perkembangan zaman dan pola abstrak. Namun, agar kesan tradisional dari batik tidak hilang, mereka mengkombinasikan dengan motif khas Daerah Tolitoli.



“Batik Tolitoli harus bisa di kembangkan, agar nantinya masyarakat Tolitoli bisa lebih mencintai batik Khas Tolitoli, dan menjadi salah satu Icon yang dikenal secara nasional, maupun internasional,” ujar Ny. Lea Shinta Koerniawan

Dia menambahkan, baju batik kreasi Tolitoli ini akan di perkenalkan secara luas oleh seluruh jajaran kejaksaan Negeri Tolitoli, dan berharap pemerintah daerah Tolitoli dapat mendukung dan mendorong apartur sipil negara untuk memperkenalkan batik Tolitoli yang kita cintai.

“Kedepan masyarakat dan ASN  dapat memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan batik Tolitoli. Sehingga dapat merekrut UMKM Tolitoli dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Tolitoli pada umumnya untuk menjalankan usaha baju batik Tolitoli .” Tuturnya 

Lanjut lagi, dengan adanya batik Tolitoli ini, diharapkan dapat menjadi ciri khas buat anak anak hingga cucu kita, untuk mengenal sejarah tentang Tolitoli dan ciri khas tentang Tolitoli kedepannya.

“Ini sebagai bukti nyata kecintaan Ikatan Adhyaksa Darmakarini Daerah Tolitoli dalam mengembangkan kebudayaan kabupaten Tolitoli, salah satu melalui Kereasi Batik Tolitoli,” ucapnya

Ditempat yang sama kepala kejaksaan Negeri Tolitoli Deddy Koerniawan SH, MH mengatakan sangat mendukung kegiatan Ibu ibu Ikatan Adhyaksa Darmakarini Daerah Tolitoli, dalam memajukan kabupaten Tolitoli melalui batik Tolitoli.

“Hal Positif yang dilakukan IAD Daerah Tolitoli dalam menciptaka kereasi batik motif Tolitoli  akan terus saya dukung, agar nantinya Kabupaten Tolitoli dapat dikenal hingga kemanca Negara dan sehingga batik tolitoli dapat menjadi salah satu hadiah atau oleh oleh yang bisa dibawa pulang oleh para wisatawan,” Pungkasnya ***