HUT TNI AL Ke 75, Lanal Tolitoli Ziarah Ke TMP

KABARTODAY.com | Tolitoli -Komandan pangkalan TNI Angkatan Laut Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono ST, MM., beserta prajurit Lanal Tolitoli melaksanakan ziarah ke TMP Kalangkangan, Kegiatan ziarah dalam rangka memperingati hari Jadi TNI AL ke 75 yang akan jatuh pada hati ini (10 september 2020).

Ziarah ke TMP dalam rangka HUT TNI AL ke 75 Tahun 2020, dipimpin langsung oleh Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono ST, MM., dan dikikuti oleh seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama dengan melakukan Upacara dan tabur bunga di pusara para pejuang Kemerdekaan

Kegiatan ziarah bertempat di Taman Makam Pahlawan Kalangkangan yang terletak di desa Kalangkangan Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli ini turut dihadiri oleh seluruh perwira Staf, Prajurit Lanal Tolitoli.

Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk jiwa Nasionalisme, menghormati para pahlawan yang telah gugur di masa perang kemerdekaan dan kita sebagai generasi bangsa wajib untuk senantiasa menghormati dan mengingat jasa jasanya.

Dalam rangkaian upacara ini dilaksanakan penghormatan kepada arwah para pahlawan dan peletakan karangan bunga dan tabur bunga oleh Danlanal Tolitoli. Kegiatan tabur bunga dilaksanakan dengan suasana yang khikmad dan tertib serta mengindahkan prosedur protokol kesehatan.



Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono ST, MM saat di temui diTMP Kalangkangan menyampaikan bahwa Pada kegiatan kali ini kita sebagai prajurit wajib menghormati dan menghargai jasa para pahlawan untuk itu saya adakan acara ini sesuai dengan arahan satuan atas dan wajib dilaksanakan.

“Kegiatan ziarah di TMP Kalangkangan dimana di daerah kabupaten Tolitoli menjadi saksi sejarah di mana pejuang yang gugur dalam mempertahankan dan merebut kemerdekaan, disinilah tempat dimakamkannya para pejuang.”Jelas Danlanal Tolitoli

Selain kegiatan upacara ziarah di TMP, sehari sebelumnya Lanal Tolitoli juga mengelar Bhakti Sosial berupa membantu memberikan pengobatan gratis Melalui Sunat Massal didesa Ginunggung, pembagian paket sembako kepada panti Asuhan yang berada di kelurahan Twueley, yang mana Panti Asuhan juga ikut terdampak akibat wabah Covid 19.

Usai melaksanakan ziarah Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono ST, MM beserta seluruh prajurit TNI AL kembali menuju Mako Lanal Tolitoli untuk mengikuti Upacara HUT TNI Angkatan Laut ke 75 secara Virtual di Aula Mako Lanal, dan dilanjutkan pemotongan tumpeng sebagai tanda ucapan syukur kepada ALLAH SWT Tuhan Yang Maha Esa.

“Dengan semangat Jalesveva Jayamahe, kita siap mewujudkan TNI Angkatan Laut yang Profesional, Modern dan Tangguh guna mendukung Indonesia Maju “ Ucap Komandan Lanal Tolitoli diakhir kegiatan Hut TNi AL

“Dirgahayu TNI Anhkatan Laut ke-75”

“Jalesveva Jayamahe”

***ERWIN***