Hut RI Ke-76, LanaL Tolitoli Kibarkan Bendera Merah Putih Dari Dasar Laut

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Belasan penyelam TNI/Polri, Basarnas, BPBD, Dinas Pariwisata, unsur maritim, dan komunitas Boki Dive yang tergabung dalam Merah Putih mengibarkan bendera Merah-Putih di bawah laut Pantai Lalos, Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli, Sulteng. Pengibaran bendera Merah-Putih ini dilakukan saat HUT ke-76 RI.

Uniknya, pengibaran bendera Merah-Putih pada kedalaman 10 Meter ini dilakukan oleh TNI Angkatan Laut Tolitoli, sebagai bentuk untuk menarik wisatawan lokal, luar daerah, hingga manca Negara untuk datang berkunjung ke pesona laut Tolitoli. Kegiatan ini digelar pada Pukul 12.30 Wita, Selasa (17/08/2021).

“Dalam rangka menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia, kami dari beberapa Tim Gabungan TNI/Polri dan komunitas Boki Dive Tolitoli, didukung oleh Dinas Pariwisata, Sar, BPBD, Pelni, dan KSOP, mengibarkan bendera Merah-Putih di dasar laut di kedalaman 10 meter, dengan bentangan bendera 2 meter, dan jumlah penyelam juga 18 orang,” Kata Danlanal Tolitoli, Letkol Laut (P) Hariono, S.H., M.Tr.(Hanla), Kepada awak media.

Letkol Laut (P) Hariono, S.H., M.Tr.(Hanla) menuturkan, Prosesnya diawali dengan penyerahan bendera Merah-Putih oleh Bupati Tolitoli Amran H.Yahya ke perwakilan Tim Gabungan Merah Putih.



“Setelah diserahkan, bendera Merah-Putih langsung dibawa kepantai dan melakukan penyelaman menuju ke lokasi pengibaran,” Bebernya

Ia menambahkan, Sebelum melakukan kegiatan penyelaman, para penyelam dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan Swab Antigen guna mencegah hal hal yang tidak di iginkan, dan mencegah penularan COVID-19.

“Sebelum melakukan penyelaman, seluruh Tim Gabungan Merah Putih, dilakukan pemeriksaan kesehatan. Selain itu, ada kegiatan lain yang melibatkan Tim Gabungan dan masyarakat pesisir dalam menyambut Hut Kemerdekaan RI Ke-76, seperti bersih-bersih sepanjang tepi pantai Lalos,” terang Danlanal Tolitoli, Letkol Laut (P) Hariono, S.H., M.Tr.(Hanla),

“Tujuannya untuk mengenalkan kembali potensi laut kita, khususnya di Kabupaten Tolitoli dan berharap semoga kegiatan ini bisa menginspirasi masyarakat untuk selalu menjaga kekayaan alam kita yang berlimpah-limpah,” Harap Danlanal Tolitoli, Letkol Laut (P) Hariono, S.H., M.Tr.(Hanla), berharap kegiatan ini bisa menginspirasi masyarakat untuk selalu menjaga kekayaan alam Indonesia yang melimpah, khususnya di Kabupaten Tolitoli.

Usai melaksanakan pengibaran bendera merah putih, Danlanal Tolitoli dan Bupati Tolitoli melakukan penyerahan piagam penghargaan kepada anggota kebersihan, dan diikuti Penyerahan Tiga (3) unit Bentor oleh PT. Pelindo Kabupaten Tolitoli Kepada Pemda Kabupaten Tolitoli.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah Laut turut dihadiri, Bupati Tolitoli, Amran Hi Yahya beserta Ibu Sriyanti Amran, Danlanal Tolitoli, Letkol Laut (P) Hariono, S.H., M.Tr.(Hanla) beserta Ibu Eris Hariono, Dandim 1305/BT, Letkol Inf Farid Yudis Purwanto, Kapolres Tolitoli, AKBP. Budhi Batara Pratidina S.IK., Sekdakab Tolitoli, Moh. Asrul Bantilan, S.sos., Kajari Kab. Tolitoli, Dedy Koerniawan SH., Ketua Pengadilan Negeri Kab. Tolitoli, Saptono, S.H., Ka Pertamina Kab. Tolitoli, Firdaus, Kepala Pengadilan Agama Kab. Tolitoli, Drs. H. Abd Hamid Sanewing, Kabag Administrasi Pemerintahan Kab. Tolitoli, Hasdono HD., S.STP., M.Si., Kadishub Kab. Tolitoli, Herry Mudur, S.Pt., Kacab Pelni Kab. Tolitoli, Heri Setiabudi, S.Sos, Anggota DPRD Tolitoli, Muhammad Nurmansyah Bantilan.S.Ikom.Mpwp, Direktur BSTM Tolitoli, Widiyatmoko, Camat Galang, Aspat Bambahi dan para tamu undangan 30 orang ***