Hi. Rusdy Mastura “Berharap” Rehab-Rekon Pascagempa Padagimo Selesai Akhir 2021

Palu, Sulteng | Kabartoday.com –
Gubernur Sulawesi Tengah Hi. Rusdy Mastura gelar rapat koordinasi percepatan penyelesaian dampak bencana Gempa Bumi dan Tsunami, Senin (5/7/2021)

“Pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab-rekon) pascagempa, tsunami dan likuefaksi di wilayah Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi dan Parigi Moutong (Padagimo) bisa selesai tahun 2021,” Harap Rusdy

Ia menambahkan Dalam Penyelesaian masalah dampak gempa, tsunami dan likuefaksi Padagimo pada kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana harus selesai akhir tahun 2021.

Pada rapat koordinasi percepatan penyelesaian dampak bencana 28 September 2018 itu, Gubernur Sulteng Hi. Rusdy Mastura menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Sulteng bertanggung jawab penuh atas percepatan pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana yang terjadi beberapa tahun lalu.

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah tidak tinggal diam, dan akan bertanggung jawab penuh untuk percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi ini,” ujarnya.

Rusdy Mastura meminta kepada semua pihak, terutama pemerintah daerah yang terdampak bencana, agar jangan bersantai santai dengan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana

Kembali mantan Walikota Palu dua periode ini menegaskan bahwa dirinya akan memperjuangkan APBD-P Provinsi Sulteng tahun 2021 sepenuhnya untuk percepatan penyelesaian rehab-rekon pascabencana itu.

“Kedepannya, untuk lokasi anggaran di APBD-P 2021 Provinsi Sulawesi Tengah sepenuhnya untuk percepatan rehab dan rekon dampak bencana, penanganan COVID dan mendukung percepatan pemulihan kondisi keamanan Poso,” ujar Rusdy.

Diakhir rapat Koordinasi, Gubernur Sulteng Hi. Rusdy Mastura dihadapan semua peserta yang hadir dan menanggapi usulan atau permintaan dukungan anggaran dari Wali Kota Palu, Bupati Sigi dan Bupati Donggala untuk percepatan pemulihan dampak bencana tersebut, yakni masing-masing Kota Palu dibantu sebesar Rp27 miliar, Kabupaten Donggala Rp12 miliar lebih dan Sigi senilai Rp6 miliar, sehingga total bantuan Pemprov Sulteng itu sebesar Rp45 miliar lebih.

“Saya minta semua pihak (Pemerintah Daerah) agar bisa bahu-membahu sesuai dengan tupoksi yang dimiliki, agar dapat mempercepat seluruh proses rehab-rekon, Kita tidak boleh Berdiri di atas penderiataan rakyat,” Tegas Rusdy mastura.