Hadiri WCD 2021, Dandim 1305/BT Ajak Relawan Tetap Konsisten Bergerak Jaga Kebersihan

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com -Komandan Kodim 1305/BT Letkol Inf. Farid Yudis Purwanto Saat menghadiri Acara puncak Hari Kebersihan SE Dunia mengajak relawan World Cleanup Day (WCD) yang tergabung dalam “Tolitoli Bersih Tolitoli Sehat” tetap konsisten dengan gerakan mewujudkan lingkungan tanpa sampah.

Ajakan itu disampaikan Langsung oleh Komandan Kodim 1305/Buol Tolitoli di sela sela wawancara bersama awak media, yang di dampingi oleh Sekertaris Lingkungan Hidup Kabupaten Tolitoli, serta Relawan dari Bank Sampah Tolitoli Mandiri (BSTM), SC HOKI, Joernal, Trash Hero Tolitoli, Bildung UND Gesundheit Fur Indonesien (BUGI), di Lapangan Taman Kota Moh Gaukan Bantilan. Rabu Pagi (22/09/2021).

Organisasi Bank Sampah Tolitoli Mandiri (BSTM), SC HOKI, Joernal, Trash Hero Tolitoli, Bildung UND Gesundheit Fur Indonesien (BUGI) yang tergabung di dalam WCD ini sendiri merupakan wadah tempat berhimpun pemuda-pemudi yang peduli akan sampah yang sangat kreatif, apalagi dimotori oleh seorang pmerhati lingkungan Wiyatmoko  yang juga Sebagai ketua Bank Sampah Tolitoli Mandiri (BSTM) yang turut hadir pada acara pembukaan Hari Kebersihan Se Dunia yang di buka langsung oleh Bupati Tolitoli Amran Hi Yahya.

Pada hari WCD itu, Dandim Letkol Inf. Farid Yudis Purwanto mengapresiasi anak-anak muda yang menurutnya sangat membantu pemerintah kabupaten Tolitoli dalam upaya menciptakan kebersihan lingkungan, untuk bisa bebas dari sampah yang dapat menimbulkan penyakit hingga bencana banjir.

“Secara pribadi maupun dari segenap keluarga besar Kodim 1305/BT, saya menyampaikan apresiasi kepada anak-anak muda yang sangat kreatif ini. Dan berani bergerak dan peduli mencintai lingkungan bebas sampah,” ungkap Dandim.

Lanjut lagi, Untuk bisa mengolah sampah menjadi nilai ekonomis, bermanfaat bagi masyarakat luas. Pihak Kodim akan selalu mendukung sekaligus siap berpartisipasi untuk mewujudkan wilayah yang bebas dari sampah, ajaka Dandikepada Para relawan WCD yang ada di kabupaten Tolitoli.

“Tentunya Kodim 1305/BT akan selalu siap mendukung relawan WCD. Dan, jika terjangkau, kita juga akan membantu untuk mengolah sampah menjadi nilai ekonomis, salah satunya membuat rumah botol dari sampah plastik, seperti yang perna ada di Koramil Baolan, ” ujarnya.

Dandim pun berpesan, agar kegiatan relawan yang tergabung dalam WCD 2021 dari Bank Sampah Tolitoli Mandiri (BSTM), SC HOKI, Joernal, Trash Hero Tolitoli, Bildung UND Gesundheit Fur Indonesien (BUGI) agar terus dapat berkelanjutan menjalankan aksi sosial ini, dan jangan berhenti dalam menjaga kebersihan, karna tampa kalian saat ini mungkin sampah masih banyak berhamburan.

“Karena sejatinya Relawan itu butuh proses untuk sukses, jadi harus bersabar, dan saya juga mengucapkan kepada seluruh relawan dan organisasi serta masyarakat kabupaten Tolitoli Selamat Hari Kebersihan Se Dunia, Tetap jaga kebersihan di lingkungan sekitar, karna dengan menjaga kebersihan kita dapat menjaga keluarga kita terbebas dari penyakit,” pesan Letkol Inf. Farid