Hadiri Rakorda Pengendalian Karhutla, Ini Kata Bupati Pulpis

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2020, Selasa, (11/02) di Aula Bappedalitbang Kabupaten setempat.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo, serta dihadiri Ketua DPRD Pulpis, yang diwakili Wakil Ketua II DPRD Pulpis, Novia Selvia, Unsur FKPD Kabupaten Pulpis, Kepala BMKG Regional Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Pimpinan Lembaga / SOPD lingkungan Pemkab Pulpis, Kepala Balai Perubahan Iklim dan Pengendalian Karhutla, serta peserta undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Edy mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah awal memadukan kegiatan pencegahan dan kesiapsiagakan pada masa membangun komunikasi dalam upaya peningkatan kapasitas kesiapsiagaan di tingkat masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan langkah awal memadukan kegiatan pencegahan dan kesiapsiagaan, pada masa pembangunan komunikasi dalam upaya meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan ditingkat masyarakat,” kata Edy.

Termasuk, lanjut Edy, menginventarisir seluruh program kegiatan pada SOPD terkait penyusunan perencanaan dalam upaya penanggulangan bencana baik pada masa pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana.

“Berdasarkan hasil dokomen kajian risiko bencana yang kita terima dari Kepala BNPB di Jakarta belum lama ini, Pulpis berpotensi ancaman bahaya serta peredaran bencana,” lanjut dia.

Masih menurut Edy, ancaman bahaya serta kerentanan bencana tersebut, meliputi bencana Kekeringan, Kebakaran hutan dan lahan, Banjir genangan, Gelombang Ekstrim dan abrasi serta Cuaca Ekstrim.

“Oleh sebab itu saya berharap kepada seluruh SOPD agar menetapkan langkah-langkah terpadu terkait dalam penanggulangan bencana Karhutla 2020 ini, mengingat penanganan Karhutla ini merupakan tanggung jawab semua pihak tanpa terkecuali,” pungkasnya. KABAR TODAY.COM