Hadir Sebagai Narasumber Pada Dialog KUB, Ini Kata Ipda Widodo

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kapolsek Kahayan Hilir, Ipda Widodo,S.E mengajak umat beragama di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) untuk lebih memahami sikap toleransi, saling menghargai, menghormati dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing, mengingat kebebasan dalam menjalankan ibadah telah dijamin dalam dalam undang-undang,

Hal itu Ia sampaikan saat menghadiri sekaligus sebagai Narasumber dalam kegiatan Dialog Kerukunan Umat Beragama (KUB) yang dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Pulpis, H. Masrani dan diikuti sebanyak 60 Peserta dari berbagai kalangan serta pemeluk Agama, bertepat di Balai Desa Anjir Pulpis, Kamis (12/12).

“Kegiatan ini merupakan bagian dari bentuk untuk memupuk kesadaran para pemuka maupun tokoh agama untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi,” kata Kapolsek.

Terutama, lanjut Kapolsek, terkait masalah-masalah atau konflik yang berhubungan dengan agama agar mengutamakan musyawarah serta berkoordinasi melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang sudah terbentuk di Kabupaten Pulpis.

“Dengan tetap berpedoman pada ketentuan yang berlaku, baik itu dengan cara penal maupun non penal, karena segala permasalahan yang berkaitan dengan agama sangatlah sensitif,” tuturnya.

Lebih lanjut, Widodo juga mengatakan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk silahturahmi antar pemeluk agama serta menjaga kerukunan antar umat beragama, mengingat keragaman kebudayaan dan agama di Indonesia termasuk di Kabupaten Pulpis ini mempunyai potensi yang lebih terkait kerukunan dan keragaman, hal ini menjadi prioritas Polsek Kahayan Hilir, Polres Pulpis dan jajarannya untuk menjaga kerukunan tersebut.

“Dengan dialog antar umat beragama ini, diharapkan kerukunan umat beragama di Pulpis tetap terjaga serta dapat menciptakan suasana yang kondusif khususnya di kecamatan Kahayan Hilir. Intinya, ini semua dilakukan demi terwujudnya Indonesia yang aman, damai, sejahtera dan bersatu,” tutup Kapolsek.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Kahayan Hilir, Sugondo, Kasubbag TU Kankemenag Pulpis, Khairani, dan Ketua FKUB Pulpis, H Suriyadi. KABAR TODAY.COM