Gugatan Yusril Terkait AD/ART Partai Demokrat Yang Sah di Tolak MA

Jakarta, Kabartoday.com – Kekalahan demi kekalahan terus dipertontonkan oleh partai Demokrat Kubu KLB Deli Serdang. kali ini, Makamah Agung (MA) juga menolak Gugatan uji materi atau judicial review Yusril Ihza Mahendra terkait anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat kepengurusan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Keputusan penolakan itu dikeluarkan oleh ketua Majelis Hakim Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M.Hum dengan hakim anggota Is Sudaryono dan Yodi Martono Wahyunadi pada Selasa (9/11/2021).

“Menyatakan permohonan keberatan HUM dari para pemohon tidak dapat diterima,” sesuai dengan keluarnya PRESS RELEASE Perkara No. 39 P/HUM/2021.

Majelis Hakim Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M.Hum menjelaskan alasan menolak gugatan tersebut dikarnakan, MA tidak berwenang memeriksa, mengadili dan memutus objek permohonan, karena AD/ART tidak memenuhi unsur sebagai suatu peraturan perundang-undangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 2 dan Pasal 8 UU PPP.

“Dikarnakan AD/ART Parpol bukan norma hukum yang mengikat umum, tetapi hanya mengikat internal Parpol yang bersangkutan.”

Parpol bukanlah lembaga negara, badan atau lembaga yang dibentuk oleh UU atau Pemerintah atas perintah UU, tidak ada delegasi dari UU yang memerintahkan Parpol untuk membentuk peraturan perundang-undangan,” katanya dalam Rilis.

Ia menambahkan, Parpol bukanlah lembaga negara, badan atau lembaga yang dibentuk oleh UU atau Pemerintah atas perintah UU, tidak ada delegasi dari UU yang memerintahkan Parpol untuk membentuk peraturan perundang-undangan

“Sesuai amar putusan Mahkamah Agung (MA) tertanggal 9/11/2021 menyatakan permohonan keberatan HUM dari Para Pemohon tidak dapat diterima,” Pungkasnya.