Gubernur Sulteng Tanda Tangani MoU KEK Dengan Investor China

MARDISON | Sulteng – Direktur Utama China Heavy Industries Group ( CFHI ) Co. Ltd. Mr. Liu Mingzhong menandatangani Letter Of Intent ( LOI ) dengan Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. dan Walikota Palu Drs. Hidayat, M.Si. tentang Investasi pada Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK ) Palu. Bertempat di Polibu, 17 Desember 2019

Direktur PT. Bangun Palu Sulawesi Tengah ( PT. BPST ) Mulhanan Tombolotutu, menyampaikan bahwa kerjasama yang akan ditandatangani bersama antara CFHI dengan Pemda Propinsi Sulawesi Tengah dan Pemda Kota Palu tentang Pengembangan KEK Palu merupakan tindak lanjut Kerjasama Antar Negara melalui Menko Maritim selanjutnya China Fisrt Heavy Industries Group Co. Ltd dan selanjutnya CFHI menghubungi KEK Palu untuk datang ke China melihat secara langsung industri strategis dari CFHI dan hasil kunjungan tersebut hari dapat dilakukan penandatangan LOI bersama .

Selanjutnya Direktur Utama CFHI Mr. Liu Mingzhong, menyampaikan ucapan terimakasi kepada Gubernur dan walikota Palu dan jajaran atas sambutan yang begitu hangat kepada rombongan CFHI selanjutnya Direktur CFHI menyampaikan bahwa merupakan Perusahaan terbesar di China tentang Manufaktur dan juga perusahaan Smelter Besi dan Nikel terbesar di Dunia dan Perusahaan terbesar di Dunia pada bidang Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir terbesar di Dunia dan Mr. Liu Mingzhong menyampaikan sudah menyetujui Investasi di Palu dalam hal Pengembangan KEK Palu.

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. menyampaikan ucapan selamat datang kepada Mr. Liu Mingzhong Direktur Utama China First Heavy Industries Co. Ltd dengan seluruh rombongan dalam rangka penandatangan LOI pengembangan KEK Palu , selanjutnya KEK Palu dan CFHI akan Membangun Perusahaan Baru dan selanjutnya akan membangun Infrastruktur dasar KEK Palu, selanjutnya Gubernur menyampaikan bahwa KEK Palu merupakan satu satunya KEK di Wilayah Pulau Sulawesi yang masuk pada RPJMN sehingga KEK Palu akan mendapat dukungan secara Nasional, terakhir Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan Trimakasih kepada Mr. Liu Mingzhong atas kepercayaannya untuk berinvestasi di KEK Palu. Terakhir Gubernur Sulawesi Tengah , Walikota Palu dan Direktur Utama China First Heavy Industries Group Internasional Resoursces Co. Ltd dan Direktur Utama China Fisrt Heavy Industries Group Co. Ltd.

dengan ringkasan LOI sebagai berikut ” China First Heavy Indutries Group International Resources Co, ltd (CFHI) mempunyai rencana untuk membangun kerjasama dengan pihak PT. Bangun Palu Sulawesi Tengah (PT. BPST) dengan pola sebagai berikut:

1. Bersama-sama mendirikan anak perusahaan baru untuk mengelola dan membangun infrastruktur Kawasan Ekonomi Khusus;

2. Lokasi kerjasama proyek yaitu di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus Palu (KEK Palu);

3. Luas area proyek tahap pertama adalah 1.500 Ha;

4. Pihak PT. Bangun Palu Sulawesi Tengah (PT. BPST) menyediakan layanan pendukung lokal yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek.

5. Pihak China First Heavy Indutries Group International Resources Co, ltd (CFHI) bertanggung jawab atas Manajemen Promosi dan Operasional Proyek di Kawasan Ekonomi Khusus Palu (KEK Palu).

Selanjutnya Pihak China First Heavy Indutries Group International Resources Co, ltd (CFHI) dan Pihak PT. Bangun Palu Sulawesi Tengah (PT. BPST) akan membentuk Tim Kerja Bersama untuk menyusun MOU antar kedua belah pihak terkait dengan Proyek Investasi di Kawasan Ekonomi Khusus Palu (KEK Palu). KABARTODAY.com