Gelar Rakor Gugus Tugas KLA, Ini Harapan Bupati Pulang Pisau

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Segala upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) menuju Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2020. Persiapan itu dengan mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak yang dipimpin langsung oleh Bupati Pulpis, H. Edy Pratowo yang dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Pulpis, Kamis (12/03).

Edy juga menjelaskan kegiatan ini merupakan sebuah komitmen dan langkah strategis untuk melakukan evaluasi guna merumuskan langkah terhadap upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak dalam rangka menumbuh kembangkan secara maksimal, juga melindungi dari berbagai tindak kekerasan dan deskriminasi.

“Untuk itu peran seluruh pemangku kepentingan pemerintah, masyarakat dan dunia usaha harus bahu membahu mewujudkan Kabupaten Layak Anak. Karena dengan adanya penguatan koordinasi para stakeholder jika dapat ditingkatkan secara rutin dapat menjadi invertasi dimasa yang akan datang,” katanya.

Lebih lanjut, Edy mengatakan pemerintah Kabupaten Pulpis mendukung penuh kegiatan tersebut yang tujuannya menjadikan Kabupaten layak anak atau ramah anak.

“Kita harus membentuk generasi masa depan yang berkualitas dan berahlakul karimah. Dan, untuk mewujudkannya butuh proses panjang bahkan wajib kita lakukan perlindungan dan pendidikan sejak dalam kandungan sampai mereka dewasa,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala DP3AP2KB Pulpis, dr. Bawa Budi Rahardja menyatakan terbentuknya Gugus Tugas KLA melalui Perbup Nomor 473 tahun 2018. Penilaian Kabupaten Layak anak ini bukanlah hal yang baru karena telah dilakukan.

“Selama ini kita sudah bekerja, tapi belum menuju satu titik, harus ada dokumen serta komitmen dari semua sektor. Apalagi, di tahun 2019 mendapat nilai 583 yang masuk kategori Pratama dan nomor 3 di Kalteng,” jelasnya.

dr. Bawa juga menambahkan jika Kabupaten Pulpis ingin mencapai target penilaian maka harus ada kerjasama serta koordinasi antar OPD agar pelaksanaan pengembangan KLA di Kabupaten Pulang Pisau dapat berjalan secara menyeluruh.

“Untuk itu semua OPD dan seluruh anak-anak di Pulpis ini harus kompak jika tidak maka akan sulit tujuan ini untuk tercapai,” tutupnya. KABAR TODAY.COM