Gelar Apel, Polres Pulang Pisau Sampaikan Maklumat Kapolda Kalteng

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Upaya pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Pulang Pisau, harus dilaksanakan secara sinergis antara TNI, Polri serta stakeholder maupun potensi masyarakat lainnya. Dan, yang bertindak selak leading sectoradalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Itu disampaikan Kapolres Pulang Pisau, AKBP. Yuniar Ariefianto, S.H., S.H., S.I.K., melalui Wakapolres Kompol Wahyu Edy Priyanto, S.H., saat memimpin apel Sosialisasi Maklumat Kapolda Kalteng tentang Sanksi Pidana pembakaran hutan dan lahan di halaman Mapolres Pulang Pisau, Kamis (25/02) pagi.

“Dalam hal ini, yang bertindak selaku leading sectornya adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” ucap Wakapolres.

Wakapolres juga menegaskan, agar menyiapkan satuan tugas pencegahan dan penanggulangan Karhutla pada masing-masing instansi, sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya serta dilengkapi dengan peralatan pendukungnya.

“Kita harus meningkatkan dan memantapkan kemampuan serta keterampilan teknis bagi setiap Personel yang ditugaskan dalam penanggulangan Karhutla tahun 2021,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada seluruh peserta apel untuk menghindari timbulnya ego sektoral dalam penanganan karhutla tahun 2021 ini. Lebih meningkatkan koordinasi dan kerja sama yang sinergis dalam mengatasi persoalan yang timbul di lapangan.

“Kesiapan lainnya dalam menghadapi Karhutla ini, Polres Pulang Pisau juga sudah melakukan patroli dialogis dan menyampaikan komitmen kepada masyarakat supaya tidak melakukan pembakaran lahan maupun hutan,” tambahnya.

Apabila itu dilakukan, lanjut Wakapolres, pihaknya akan melakukan penindakan hukum atau sanksi sesuai yang dituangkan dalam maklumat Kapolda Kalteng Nomor : Mak/1/II/2021, tanggal 24 Februari 2021 tentang Sanksi Pidana terhadap Pelaku Pembakaran Hutan dan atau Lahan.

“Sekali lagi saya katakan, kegiatan ini sebagai bentuk kesiapan Polres Pulang Pisau dan instansi terkait dalam menghadapi Karhutla di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.
Kami berharap, dengan upaya yang terus kita lakukan ini dapat menekan Karhutla, sehingga Provinsi Kalteng bebas asap,” tegasnya.

Apel tersebut diikuti TNI, personel Polres Pulang Pisau, Manggala Agni, BPBD Kabupaten Pulang Pisau, Masyarakat Peduli Api, Kepala Desa serta seluruh perwakilan dari Perusahaan yang ada di wilayah hukum Polres Pulang Pisau.

“Kami juga menyerahkan Maklumat Kapolda Kalteng kepada, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa, Manggala Agni dan MPA untuk disosialisaikan kepada warga masyarakat di Pulang Pisau,” pungkasnya. KABAR TODAY.COM