“Eskalasi Covid-19” Sekda Tolitoli Ikut Rakor Secara Virtual

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Rapat koordinasi melalui _video confrence (virtual)_ dengan agenda membahas eskalasi Covid-19 per cluster yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdi Mastura bersama Wakil Gubernur Drs. Ma’mun Amir pada senin pagi (5/7).

Rakor secara virtual yang dilaksanakan di Aula Molripakatan Bappeda Kabupaten Tolitoli itu, diikuti oleh Bupati Tolitoli diwakili Sekretaris Daerah Moh. Asrul Bantilan, S.Sos, Kepala Kepolisian Resor Tolitoli AKBP Budhi Batara Pratidina, S.IK, Kepala Staf Kodim 1305 Buol Tolitoli Mayor (Inf) Rio Power, Pasi Intel Lanal Tolitoli Kapten (L) Usman, Kepala Dinas Kesehatan Anjasmara, S.Pt.,MP, Kepala Dinas Pendidikan Dr. Adjimain Laterey, M.Si, Kepala Dinas Perhubungan Herry O. Mendur, S.STP, Kepala Bappeda Chrisman T. Isol, SE, Kepala Lakhar BPBD Nur Alam, ST, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Samsuh, M.Si, Pejabat yang mewakili Kepala Kantor Kemeneterian Agama Hi. Husni Mubarak, Lc, Kepala Kantor Unit Pengelola Bandar Udara Sultan Bantilan Asri Alie serta Kepala Bulog Sub. Divre III Tolitoli.

Pada kesempatan itu, pemerintah daerah yang di wakili Moh. Asrul Bantilan, S.Sos sebagai Sekda melaporkan perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Tolitoli kepada Gubernur Sulawesi Tengah diantaranya terkait jumlah kumlatif penderita Covid-19 sejak Maret 2020 hingga 5 Juli 2021 tercatat mencapai 596 orang, yang sembuh 495 orang dan yang meninggal dunia sebanyak 37 orang.

” Untuk kasus aktif yang masih ditangani sampai hari ini masih sebanyak 64 orang yang terdiri dari pasien yang disolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mokopido Tolitoli sebanyak 17 orang dan yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 47 orang,” Ungkap Asrul

Selain itu, Sekda juga melaporkan progres pemberian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tolitoli yang sampai hari ini untuk dosis pertama telah mencapai 14.288 jiwa dan dosis kedua mencapai 6.507 orang dengan sasaran vaksin seluruhnya sebanyak 169.279 jiwa.

“Terkait dengan rencana pembelajaran tatap muka, seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Tolitoli akan tetap mengacu pada kebijakan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah sedangkan untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha, Pemerintah Daerah bersama Panitia Hari-Hari Besar Islam akan tetap melaksanakannya namun dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat lagi,” Imbuhnya

Hal lain yang juga dilaporkan Sekda Tolitoli adalah pengaktifan pelaksaan operasi yustisi untuk pengendalian penyebaran Covid-19 khususntya di tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kerumuman orang.

“Tempat tempat yang di maksud seperti di pasar-pasar, rumah-rumah makan serta di obyek-obyek wisata,” Pungkas Asrul ***