Dr. M. Hamsar : Pemda Poso Serius dan Proaktif Bantu Pasien covid19

MARDISON | POSO – Sejak pertama kali pemerintah pusat mengumumkan adanya pandemi covid19 melanda Indonesia pada bulan Maret lalu pihak Pemerintah Kabupaten Poso sangat Serius dan Proaktif membantu pihak Rumah sakit Umum daerah Poso.

“Sejak bulan maret pemerintah Poso dan rumah sakit RSUD Poso siap dan Proaktif mendukung pelayanan pasien covid19 dalam memutis mata rantai oenyebaran Covid 19,” Kata dokter Masalindri Hamsar selaku direktur utama rumah sakit Poso.

Menurut Dokter Hamsar panggilan akrab dirut Rsud Poso Pelayanan kesehatan bagi pasien yang terkonfirmasi positif Pandemi covid19 maupun pasien Umum berjalan Normal dan lancar. Ini merupakan keseriusan Bupati Darmin Sigilipu maupun Wakil bupati samsuri dan bapak sekda Poso.

“Semua kebutuhan APD bagi Petugas Kesehatan dirumah sakit maupun kebutuhan pasien terkonfirmasi covid19 terpenuhi dengan baik, Pada intinya pasien terlayani dan terawat dengan baik, Karena peran aktif Pemda Poso dalam menjamin kesehatan masyarakatnya,” Tutur dokter Hamsar, kepada kabartoday pada (04-06-2020) dikota Poso.

Masih menurut dirut Rumah Sakit Daerah umum Poso, yang juga jebolan Unhas Makassar ini, menuturkan RSUD Poso dan pemda Poso terus Proaktif dan sangat tinggi dalam perhatian khususnya pada kelengkapan APD dan AKP pandemi covid19 yang ditangani maupun dirawat dirumah sakit umum Poso.

“Situasi pelayanan pandemi covid19 sejak bulan maret ditangani dengan serius.,” Tuturnya

Lanjut lagi, Penerapan social distancing maupun fisichal distancing telah diberlakukan dari awal sejak ada pengumuman dan himbauan dari presiden Jokowi.

“Boleh dilihat langsung penerapan protap kesehatan. Baik fisichal distancing maupun social distancing, terus dilakukan bisa di liat ketika berada dilingkungan Rsud Poso. Kata M. Hamsar.

Ditanya terkait pengelolaan limbah B-3 covid19 yang ada sejak pandemi pengelolaannya dan penanganan nya secara khusus dipisahkan pengelolaannya.

“Ada khusus pengelolaan limbah medis B 3, Pengelolahnya memang sudah ada Dipisahkan dan dipacking tersendiri,” Ujarnya.

Sambungnya, sebelum ada pandemi covid19 memang sudah ada tenaga khusus untuk menangani limbah medis, ada Tim Program Pengelolah Infeksi (PPI).

“Penanganan pasien yang terkonfirmasi positif hingga saat ini katanya masih ada 5 orang yang berangsur membaik dan sudah negatif, Tinggal menunggu waktu untuk dipulangkan kepada pihak keluarga pasien, ada 5 pasien yang sudah negatif, Tinggal menunggu proses waktu penyembuhan untuk pulang kerumah” Pungkas Hamsar direktur rumah sakit Poso. KABARTODAY.com