DPUPR Pulpis Gelontorkan Anggaran Sebesar Rp. 12 Miliar Untuk Kahayan Kuala

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) akan menggelontorkan anggaran kurang lebih sebesar Rp. 12 Miliar untuk pembangunan infrastruktur di Kecamatan Kahayan Kuala di tahun 2020 ini.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) PUPR, Usis I Sangkai saat dikonfirmasi Kabar Today.com seusai menghadiri Rakor Aset dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di BPPKAD Kabupaten Pulpis, Kamis (13/02).

“Anggaran tersebut akan digunakan untuk peningkatan jalan dari Bahaur menuju Camantan sebesar Rp. 7,2 Miliar, dengan menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK),” terangnya.

Usis menjelaskan, dana DAK tersebut digunakan untuk pengaspalan serta pemeliharaan jalan yang rusak atau berlubang disepanjang Bahaur menuju Camantan dengan jarak kurang lebih 30 Km.

“Yang bisa kami tangani ditahun ini hanya pengaspalan jalan 3,5 Km saja, sisanya yang rusak parah akan kami lakukan penimbunan,” ujar dia.

Selain dari dana DAK, lanjut Usis, pihaknya juga menganggarkan dari Dana Alokasi Khusus (DAU) kurang lebih sebesar Rp. 5 Miliar, yang akan dipergunakan untuk pembangunan jembatan, peningkatan penghubung-penghubung desa serta rumah-rumah ibadah.

“Untuk penghubung antar desa di Kecamatan Kahayan Kuala, saat ini kita sudah terhubung. Nanti, jangka panjangnya selain dari APBD ini, kita juga akan mengusulkan bantuan dari pemerintah pusat, ya, salah satu contohnya pembangunan jembatan gantung yang ada di Desa Purwodadi,” pungkasnya. KABAR TODAY.COM