Ditjen PKTrans Lakukan Survey Lahan Eks Transmigrasi di Pulpis

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kasubdit Produksi Direktorat Pengembangan Usaha Transmigrasi, Ditjen PKTrans, Ir. Irmanta beserta rombongan melakukan survey di dua Desa di Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis). Kedua Desa tersebut, yaitu Desa Tahai Jaya dan Desa Tahai Baru, Rabu (17/06).

Kedatangan rombongan Ditjen PKTrans di Balai Desa Tahai Jaya disambut Kepala Bidang Penempatan, Pelatihan, Produktifitas dan Transmigrasi (P3T) Disnakertrans Pulpis, Rini Widigdo, ST, didampingi Kepala Seksi Penempatan Disnakertrans Pulpis, Supiadi, Kepala Desa (Kades) Tahai Jaya, Jasimin beserta perangkat Desa setempat.

Dalam dialognya bersama Kepala Desa dan Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP), diketahui luas lahan Eksisting pertanian sawah padi di Desa Tahai Jaya seluas 750 Hektare, sedangkan di Desa Tahai Baru kurang lebih sekitar 1000 Hektare.

“Kunjungan kita ke Pulpis hari ini terbagi menjadi 2 tim. Tim pertama saya yang pimpin dan untuk tim kedua melakukan pengambilan foto melalui udara untuk pemetaan,” kata Irmanta.

Pengambilan foto dari udara ini dilakukan guna menentukan titik koordinat lahan pertanian yang merupakan kawasan Eks Transmigrasi. Jangan sampai lahan pertanian sawah tersebut masuk dalam kawasan hutan atau yang lainnya.

“Kegiatan ini menindaklanjuti Perintah Presiden RI dalam program intensifikasi dan ekstensifikasi lahan transmigrasi guna mendukung ketahanan pangan dikawasan transmigrasi disektor peningkatan hasil produksi pertanian,” jelasnya.

Sedangkan tim yang saya pimpin, lanjut Irmanta, bertugas mencari data Rencana Definitif Kebutuhan Kelompoktani (RDKK) serta data Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL) di Dinas Pertanian Kabupaten Pulpis untuk divalidasi dengan data yang ada dipusat.

“Hasil dari kunjungan di dua Desa ini, besok akan langsung dilaporkan ke pimpinan,” imbuhnya.

Dirinya mengatakan, untuk tindak lanjut kegiatan ini melibatkan beberapa pihak, bukan cuma dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi saja. Tapi juga melibatkan Kementerian PUPR, Menteri Pertanian bahkan juga dengan melibatkan BUMN.

“Kami berharap agar ada kerjasama yang benar-benar serius dari semua pihak untuk mempercepat program pengembangan ketahanan pangan ini,” tegas Irmanta.

Dalam kesempatan itu, Kepala Disnakertrans Kabupaten Pulpis, Drs. Farisco J.S Ibat, M.si melalui Kabid P3T, Rini Widigdo, ST., mengakui sangat menyambut baik atas kunjungan dari rombongan Ditjen PKTrans ke dua Desa tersebut.

“Disnakertrans Pulpis sudah memberikan semua data pendukung yang diminta oleh Ditjen PKTrans dan PKP2 Transmigrasi. Semoga data-data yang kami berikan bisa membantu dalam kevalidasian data maupun peta,” singkatnya. KABAR TODAY.COM