Dinilai Lecehkan Profesi wartawan, Pemilik Akun Facebook YAM di Adukan ke Polisi

ERWIN | TOLITOLI – Sejumlah wartawan media on line dan media cetak yang ada di Tolitoli, mengadukan pemilik akun Facebook Yusuf Andi Mapiasse (YAM) ke Polres Tolitoli, selasa (03/6/2020).

Kepala biro Tolitoi Portal Sulawesi, Sahar kepada media ini mengatakan Pengaduan yang disampaikan ke pihak kepolisian terkait postingan di salah satu grup media sosial (Facebook) yakni grup “Bukan Tolitoli Bicara Part Two” dengan isi postingan” kalau hari ini LSM dan Media bisa di bungkam” sehinggah kata “bungkam” itu seakan akan media sudah tidak bisa memberitakan kebocoran penggunaan anggaran Covid -19.

“Dengan adanya postingan itu kami teman teman media yang ada di Tolitoli merasa di lecehkan profesi kami selaku jurnalisi,” kata Sahar.

Olehnya lanjut Sahar, dengan postingan yang dinilai sudah menyudutkan teman teman media, sehinggah pihaknya berkesimpulan untuk konsultasi dengan pakar hukum jika postingan tersebut di duga melanggar UU ITE.



“Sebelum kami adukan ke Polres, kami konsultasi dulu dengan pakar hukum soal postingan tersebut,” Ungkapnya.

Ditempat terpisah kepala perwakilan Jurnal News, Rahmadi saat dimintai tanggapannya terkait postingan yang di lakukan oleh YAM, pihaknya selaku jurnalis sangat menyesalkan, jika teman teman media sudah mengadukan ke pihak kepolisian, itu merupakan bentuk keseriusan bahwa profesi jurnalis sudah sangat jelas dilindungi oleh Undang undang.

“Iya, pengaduan itu merupakan bentuk keseriusan teman teman media, biar ada efek jera bagi pengguna medsos,” ujarnya.

Dengan adanya postingan ini, Rahmadi berharap semoga kedepan kejadian ini tak terulang lagi.

” Saya berharap kejadian ini tidak terulang dan kepada pengguna medsos, sebelum membuat postingan dikroscek dulu jangan sampai kata-kata yang dilontarkan menyinggung perasaan orang lain, apalagi ini sudah menyangkut profesi. Sebab, ini yang membaca jutaan umat manusia,” sebutnya KABARTODAY.com