Diduga PLN Palu ‘Perlambat’ Proses Tambah Daya

KABARTODAY.COM | JeMmy Tehardjo | Kota Palu – Sesuai instruksi Presiden Jokowi bahwa setiap usahawan yang ingin melakukan proses penyambungan dan tambah daya berdaya besar harus segera dilayani dan menjadi prioritas.

“ Saya serukan kepada PLN agar penyambungan dan tambah daya oleh pihak usahawan diatas 1300 KWH, harus segera tuntas dalam 25 hari,” kata Jokowi, di Jakarta, baru-baru ini.

Sementara di Kota Palu sebuah perusahaan retail bernama BNS (Bumi Nyiur Swalayan) yang telah melakukan permohonan sejak bulan Oktober 2014 yaitu penambahan daya dari 105 KVA ke 555 KVA hingga berita ini disebar-luaskan belum terpasang, walaupun berkas admisnistrasi telah dipenuhi. Termasuk SLO (Surat Layak Operasi) dan Kubikel dari PLN juga telah siap.

Data dokumen serah terima operasi jaringan distribusi tenaga listrik – pemasangan gardu beton 630 KVA / 1 unit – antara Bumi Nyiur Swalayan dan PT PLN (Persero) yang diterima Wartawan KabarToday.com di Kota Palu, menunjukan kelengkapan dokument tersebut dengan tanda tangan basah Manager Area Palu Novalince Lamusu dan ditanda tangani pula persetujuan penambahan daya listrik oleh General Manager PT PLN Wil Suluttengoo, Santoso Januwarsono ditanggal 28 November 2014. Namun apa lacur, pihak pemohon merasa resah karena terus dipimpong pihak PLN Area Palu, sedangkan gardu dan jaringan sudah terpasang dan siap untuk dialiri listrik.

Selain itu pihak AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik & mekanikal Indonesia), Farid Djavar Nasar, SH dan rekanan yang mengerjakan kegiatan tersebut tidak dapat melangkahi wewenang PT PLN Area Palu.

“Ohh cepat atau lambat penyambungan itu bukan wewenang kami lagi. Silahkan tanyakan kepada PLN, karena PLN yang menentukan ketersediaan daya untuk permohonan penyambungan listrik di BNS itu,” ujar Farid singkat.

Sedangkan Asmen Pembangkit PLN area Palu Sigit menyatakan bahwa permohonan pelanggan bukan sengaja ditunda.

“ kami masih mengalami defisit daya dan perbaikan pembangkit listrik, semoga pada bulan Juni depan permohonan tambah daya di BNS itu sudah kami pasang,” pungkas Assmen Pembangkit PT PLN Area Palu, Sigit kepada Kabartoday.com di ruang kerjanya di Jalan Kartini Kota Palu. ***