Dibuka, Pelatihan Berbasis Kompetensi Di UPTD BLK Tolitoli

Erwin | KabarToday.com | Tolitoli – Bupati Tolitoli diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik H. Najarudin Lanta, SH.,MH membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktifitas (PKTKP) di Aula UPTD BLK Kalangkangan. Kemarin di Tolitoli.

KabarToday.com di Tolitoli melaporkan bahwa acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Balai Latihan Kerja Makassar, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tolitoli, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Galang, Camat Galang Kepala UPTD BLK Kabupaten Tolitoli, instruktur dan peserta pelatihan kerja.

Kepala UPTD BLK, Idham kepala UPTD BLK Toli toli dalam sambutan mengatakan Kementerian Ketenagakerjaan saat ini memaksimalkan peran Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai penyedia tenaga terampil di berbagai bidang. Dasar pelaksanaan pelatihan kompetensi ini kata Idham merujuk pada Undang-undang Nomor 19 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Peraturan Pemerintah Nomor 31 tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional, serta Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pedoman penyelenggaraan pelatihan.
.
erwin 1
.
Sementara itu, maksud dan tujuan pelatihan berbasis kompetensi diharapkan peserta yang sudah mengikuti pelatihan kompetensi bisa menjadi sumber daya manusia (SDM) siap pakai dalam dunia industri nantinya. Sementara itu jenis kegiatan kompentensi yang di bagi dalam beberapa bidang antara lain Basic Office I dan II, Tata kecantikan kulit dan Rambut, Instalasi penerangan, Mekanik junior sepeda motor, Meubelair, Menjahit dan Las swag 3G Dengan jumlah peserta yang mengikuti pelatihan kompetensi sebanyak 128 orang dari berbagai jenjang pendidikan yang ada dikabupaten toli toli. Sedangkan sumber dana yang digunakan untuk pelatihan kompetensi yang dilakukan oleh UPTD BLK toli toli menurut kepala BLK toli toli Idham mengatakan dana tersebut berasal dari dana DIPA APBN BLK Makassar tahun anggaran 2018.

Dalam sambutannya Bupati Tolitoli yang diwakili Najarudin Lanta mengatakan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia, khususnya penanggulangan pengangguran dan peningkatan kesejahteraan tenaga kerja beserta keluarganya, di perlukan peran aktif seluruh lapisan masyarakat dengan melibatkan para pemangku kepetingan dalam penanganan masalah di bidang ketenaga kerjaan.

Pelatihan kerja berbasis kompetensi merupakan wujud nyata program perluasan kesempatan kerja melalui pembinan pelatihan keterampilan kerja pada masyarakat sekaligus upaya mempercepat pengurangan pengangguran yang ada diindonesia khusnua kabupaten Tolitoli.

Program berbasis kompetensi ini menurut Bupati dapat di maknai sebagai bentuk pemberian kemampuan pelatihan kerja pada warga masyarakat yang membutuhkan keterampilan sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha dikemudian hari,
Acara pembukaan itu ditandai dengan penyematan tanda pengenal kepada para peserta pelatihan oleh Bupati Tolitoli. ***