Dermaga/Ponton Pasar Patanak Tenggelam Dimakan Usia

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG-Dugaan sementara tenggelamnya Dermaga/Ponton di Pelabuhan Pasar Patanak, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), disebabkan karena adanya kebocoran pada besi Ponton yang sudah dimakan usia.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Pulpis, Jhon Oktoberiman, Sabtu (28/12). Pria yang akrab dipanggil Pak Jhon itu juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah datang dan melakukan pengecekan terhadap Ponton yang tenggelam tersebut.

“Kemungkinan Pontonnya bocor, sehingga air hujan masuk lewat tutup atasnya, mengingat umur daripada Ponton itu kurang lebih sudah 5 tahun,” kata Pak Jhon saat dihubungi media ini melalui pesan Whatsappnya.

Sedangkan untuk penimbulan/pengangkatan Ponton tersebut, akan segera dilakukan, lanjut Pak Jhon. Saat ini pihaknya masih menunggu kapal yang akan mengangkat dari sisi kiri dan sisi kanan Ponton.

“Pihak Dishub sudah koordinasi dengan pemilik kapal. Satu kapal sudah stanby, jadi tinggal menunggu ada satu kapal lagi untuk menderek Ponton itu,” tambahnya.

Masih menurut Pak Jhon, setelah Ponton tersebut timbul atau terangkat, baru bisa diketahui apa penyebabnya. Apabila bocor, maka akan dilakukan perbaikan dengan cara ditambal atau di las.

“Kami sudah mengajukan untuk perbaikan maupun peremajaan Ponton itu, tapi anggaran saat ini belum tersedia, karena keberadaan Ponton tersebut sangat dibutuhkan dan diperlukan orang banyak,” tutupnya. KABAR TODAY.COM