Danramil 1305-08/Momunu Hadiri Rapat Simulasi Keamanan (PKD)

Buol, Sulteng | Kabartoday.com – Pjs. Danramil 1305-08 Momunu menghadiri Rapat simulasi Keamanan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Skala Kecil Keamanan Penerbangan UPBU Pogugul Buol Tahun 2021 yang dilaksanakan di Bandara Pogugul Buol JL. Mangubi Desa Mangubi Kec. Momunu Kab. Buol. (Rabu,4/8/2021).

UPBU Pogugul Buol mengadakan rapat Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Bersama Kabit AVSEC Bpk. Ismet Mbongi, Kapolsek Momunu yang diwakili Aipda Jufri Bersama Anggota, Danramil 1305-08/Momunu Pelda Jumadil bersama anggota dan Peserta Rapat Personel Avsec. Rapat PKD ini bertujuan untuk melatih dan menguji kemampuan dan kesigapan seluruh personel ketika terjadi suatu keadaan darurat di bandara nantinya.

“Pelaksanaan latihan PKD ini merupakan komitmen kami dalam mewujudkan layanan bandara berskala global dalam aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan terbaik khususnya di Bandara pogogul kanupaten Buol,” ujar Kasubsi TOKPD Bandara Pogogul Buol

Dalam pelaksanaan rapat kegiatan PKD ini, fungsi koordinasi, komunikasi, komando, serta sinkronisasi antar unit dan instansi akan dilatih dan diuji sesuai dengan Dokumen Penanggulangan Keadaan Darurat Bandar Udara (Airport Emergency Plan Document), Dokumen Program Keamanan Bandar Udara (Airport Security Programme Document), serta Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku di bandara.

Rapat Latihan PKD ini ada tiga rangkaian kegiatan simulasi, yaitu Komando, Koordinasi, Komunikasi dan akan dilakukan latihan terkait penanganan kecelakaan pesawat udara (Aircraft Accident Exercise).

Sementara dalam kesempatan yang sama Danramil 1305-08/Momunu Pelda Jumadil mengatakan bahwa jajaran Koramil 08 Momunu bersama unsur terkait siap turut serta mensukseskan kegiatan simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD).

“Tujuan kegiatan ini untuk menciptakan koordinasi kerja yang baik antar unit fungsional Bandar Udara Pogogul Buol dengan anggota komite terkait di daIam penanggulangan keadaan darurat,” Ungkap Danramil 1305-08/Momunu Pelda Jumadil

Ia menambahkan dalam rapat kali ini nantinya untuk akan diakukan tiga hal diantaranya Komando, Koordinasi, Komunikasi

“menguji efektifitas organisasi latihan penanggulangan keadaan darurat penerbangan sesuai prosedur yang telah dituangkan daIam dokumen yang telah disepakati bersama, Melatih dan menguji keterampilan personil masing-masing unit fungsional bila terjadi keadaan darurat penerbangan dan Menguji fasilitas peralatan operasional agar selalu siap Siaga untuk menanggulangi keadaan keadaan darurat,” pungkasnya.