Danramil 1305-01/Baolan Hadiri “MOMBATAN” di Desa Salugan

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Danramil 1305-01/Baolan Kapten Inf Muh. Salam menghadiri Pelaksanaan Adat Dondo “MOMBATAN” yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Desa Salugan Kec. Lampasio Kab. Tolitoli. Senin(25/10/2021).

Pelaksanaan Kegiatan Adat Dondo “MOMBATAN” Dalam Rangka Menjaga Kelestarian Alam Sehingga Bermanfaat Bagi Kehidupan Manusia.

“MOMBATAN” didesa Salugan turut dihadiri Amran Hi. Yahya (bupati tolitoli), Moh. Besar bantilan (wakil bupati tolitoli), Moh. Saleh Bantilan raja tolitoli, Moh.Asrul Bantilan (Sekda tolitoli), Kapten Moh.Salam (Danramil Baolan), AKP. Haerul (Kapolsek lampasio), Nasir Dg. Marumu (kadis perkebunan), Moh. Rifai S.H (camat lampasio, Ibrahim Sauda (Ketua adat Suku Tolitoli), Ala sambala (ketua adat dondo), Sukiman R.DM (kepala desa salugan), Tamu undangan 250 orang.

Bupati Tolitoli dalam sambutannya mengatakan, Atas nama pemerintah daerah maupun atas nama pribadi saya mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya nya kepada semua pihak yang telah memberikan sumbangsihnya sehingga meskipun saat ini kita masih berada di tengah pandemi covid 19.

“Kegiatan masyarakat Adat Suku Dondo *MOMBATAN* atau syukuran dapat kita lakukan bersama dengan penuh sukacita dengan penuh keakraban serta kekeluargaan tanpa memandang status sosial antara pemimpin dan rakyat,” Ungkapnya.

Lanjut Bupati, harapan pemerintah Masyarakat yang mendiami desa salugan dan sekitarnya dapat terus berlangsung dengan menjaga kelestarian alam serta ekosistem yang ada di dalamnya, sehingga ketahanan lingkungan adalah kunci untuk menciptakan suatu kondisi yang seimbang dan selaras dengan ekosistem yang ada.

“Tentunya semua ini akan kembali ke masyarakat terkait upaya pelestarian alam dan lingkungan sekitarnya ini merupakan tugas kita semua khususnya di wilayah desa salugan Kecamatan lampasio Kabupaten Toli-toli,” Harapnya

Ia menambahkan, Alam memiliki esensi sebagai penjaga keseimbangan kepentingan manusia dan semua makhluk hidup lainnya fungsi itu dapat tercapai apabila alam tetap terjaga kelestariannya, dengan hasil alam yang diperoleh oleh masyarakat begitu melimpah dan sangat dirasakan oleh masyarakat sehingga kegiatan *MOMBATAN*. Ini nantinya dapat menjadi agenda setiap tahunnya sebagai rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT atas anugerah kekayaan alam melimpah.

“Dalam upaya menjaga kelestarian alam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup pelibatan masyarakat dan swasta serta pemerintah menjadi aspek yang penting kepada masyarakat agar perlu menyadari pentingnya melindungi sumber daya alam sehingga masyarakat diharapkan melakukan aksi ramah lingkungan untuk meminimalkan dampak perubahan iklim,” Kata Bupati.

“Kegiatan ini meskipun dilaksanakan tengah suasana gembira dalam merayakan pesta adat, tentunya kami tetap mengedukasikan dan terus mengingatkan warga untuk senantiasa gunakan masker serta menegakkan standar protokol kesehatan,” Tambahnya ***