Danial: Tunda Kedokter Spesialis Bedah Pada Era Pandemi Covid -19

ERWIN | TOLITOLI – Maraknya isu virus Corona dari Wuhan Cina, membuat masyarakat indonesia, khususnya Kabupaten Tolitoli sedikit resah. Ditambah dengan satu pasien yang sedang dirawat (Isolasi) di RSUD Mokopido Tolitoli diduga Menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 01 tersebut.

“Masyarakat jangan panik namun perlu waspada terhadap virus Corona, untuk sementara hindari dulu untuk berobat dan melakukan pemeriksaan kerumah sakit, kecuali penyakit Darurat.” kata Direktur Rumah sakit Mokopido Dr. Hi, Danial. saat dikonfirmasi (23/03/2020).

Menurutnya, secara kajian medis virus tersebut penularannya cukup cepat, dengan ciri-ciri gejala yang ditimbulkan demam, batuk pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu, makan dari itu Tunda kedokter Spesialis Bedah bila tidak dalam keadaan darurat pada era pandemi (Covid-19).

“Virus ini penyebaran dan penularannya begitu cepat, Rumah Sakit Mokopido Tolitoli menghimbau untuk saat ini agar masyarakat menunda untuk datang berkunjung dan melakukan pemeriksaan dirumah sakit, selain penyakit darurat seperti sakit jantung, T.H.T.K.L,” ujarnya.

Pelayanan Bedah pada era Pandemi (Covid-19) Rumah sakit Mokopido:

1. Tunda/Hindari Kunjungi kepoli Klinik bedah Kecuali:

– Luka yang mengalami pendarahan banyak/Hebat.
– Hernua disertai nyeri tidak bisa BAB/Flatus atau Muntah.
– Nyeri perut yang semakin lama semakin Berat.
– Tidak bisa BAB/Faltus.
– Tudak bisa BAK.
– Pendarahan saluran cernah akut.
– Benjolan yang disertai nyeri dan kemerahan.
– Benda Asing di tubuh

2. Daftar penyakit bedah yang dapat di tunda kunjungan kepoli Klinik bedah Oprasinya:

– Hernia tampa Komplikasi.
– Appendencitis Kronik.
– Luja diabetes Tampa Komplikasi sintemik.
– Tumor Jinak.
– Tumor Ganas Resiko rendah.
– struma nodosa non toksika/Tampa Terapi hormonal.

Oleh sebab itu kata Dr. Danial, mencegah lebih baik daripada mengobati, dengan menjaga pola hidup sehat, bersih lingkungan, menjaga pola makan, olahraga, menjaga asupan gizi, serta #DirumahAja.

“Menjaga pola hidup bersih dan sehat, biasakan cuci tangan dengan air bersih dan sabun setiap saat setelah beraktivitas, bila mengkonsumsi daging pastikan daging yang dikonsumsi matang dengan sempurna, asupan gizi yang seimbang dan perbanyak minum air putih. Bila sakit kunjungi fasilitas kesehatan terdekat, Mari kita mencegah penularan Covid-19 #DirumahAja,” pungkasnya.KABARTODAY.com