Dandim 1305/BT Pantau Serbuan Vaksinasi Tahap Kedua di Halaman RSUD Mokopido

Tolitoli, Sulteng | KabarToday.com – Setelah sukses melaksanakan vaksinasi tahap pertama pada tanggal 04 Juli 2021 yang lalu, hari ini Kodim 1305/BT kembali menggelar vaksinasi tahap kedua kepada masyarakat umum di Kabupaten Tolitoli Sabtu Pagi (31/07/2021) dihalaman RSUD Mokopido.

Terlihat warga Tolitoli yang sangat antusias untuk datang mengikuti vaksinasi tahap kedua ini, yang mulai pagi sudah antri dibawah tenda yang di bagi menjadi dua tempat, hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi penumpukan masyarakat sehingga masyarakat yang sudah hadir bisa menjaga jarak.

Saat di konfirmasi, Komandan Kodim 1305/BT Letkol Inf, Farid Yudis Purwanto saat meninjau kegiatan Vaksinasi Tahap Ke II menerangkan, bahwa pada hari ini sebanyak 100 Vial akan di berikan kepada 1000 orang masyarakat di wilayah kerja Kodim 1305/Buol-Tolitoli.

“Sebanyak 100 Vial kita bagi dengan kabupaten Buol, yang mana kabupaten Buol mendapatkan 40 Vial, dan sisanya 60 Vial untuk masyarakat Tolitoli,” Ungkap Farid

Ia menambahkan, masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 tahap kedua kali ini, meskipun ada beberapa masyarakat yang tidak bisa melaksanakan vaksinasi karena setelah di laksanakan screning dari dokter tidak memenuhi syarat untuk dilakukan vaksinasi.

“Vaksinasi ini merupakan program lanjutan serbuan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di wilayah teritorial Kodim 1305/BT, sekaligus sebagai wujud komitmen Kodim 1305/BT dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di wilayah kabupaten Tolitoli,” ujarnya.

Ia menambahkan, “Diharapkan usai pelaksanaan vaksinasi ini masyarakat akan lebih kuat lagi imun dalam tubuhnya dan herd immunity, sehingga bisa mengurangi resiko akan penularan virus Covid-19 dan kesehatan masyarakat bisa terjaga dengan baik,” tuturnya.

Masih di tempat yang sama, Farid mengaku merasa senang dengan melihat tertibnya masyarakat dalam mengantri dihalaman Rumah Sakit mokopido Tolitoli untuk mendapatkan Vaksin tahap II.

“Saya merasa senang, Saat ini masyarakat telah sadar dan disiplin dalam matuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan di air yang mengalir dengan menggunakan sabun serta menjaga jarak. “Diharapkan usai pelaksanaan vaksin tahap kedua ini tidak terjadi kasus baru penyebaran virus Covid-19,” ucapnya.

Lanjut lagi, jika nantinya ada beberapa masyarakat yang belum bisa dilaksanakan vaksinasi dikarnakan tidak memenuhi syarat, sehingga harus menunggu kesehatannya stabil, serta yang menjadi kendala pada vaksinasi tahap II adalah tekanan darah tinggi dan lain lain.

“Jadi, Kalau usai vaksinasi Tahap II yang dilaksanakan di halaman RSUD Mokopido Tolitoli masih ada tersisa vaksin, maka masyarakat yang sudah pernah di vaksin pada tahap pertama, selain dari serbuan Vaksin kodim 1305/BT, kami akan berikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin divaksinasi tahap II, “Intinya kalau Vaksinnya masih ada sisa kami akan layani, untuk saat ini kamu layani yang sudah mendaftar pada serbuan Vaksin Tahap Pertama,” tuturnya kepada wartawan Kabartoday.com Sabtu pagi. ***