Dandim 1305/BT Jadi Orang Ke 2 Yang di Vaksin

Tolitoli | Kabartoday.com – Vaksinasi Covid-19 mulai dilakukan di kabupaten Tolitoli pada Senin (08/02/2021) di Taman Kota Gaukan Bantilan. Penyuntikkan Vaksin kali ini mengangkat tema “Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit” dan Yang pertama kali divaksin adalah ketua IDI kabupaten Tolitoli Dokter Sofyan dan diikuti Dandim 1305/BT Letkol Inf Farid Yudis Purwanto dan menyusul Danlanal, serta unsur Forkopimda.

“Ini merupakan hari pertama vaksinasi untuk tahap pertama. Tadi sudah mengawali vaksinasi, pak dokter Sofian, dan di ikuti Dandim, kemudian dilanjutkan jajaran forkopimda lain,” kata Kasldis kesehatan.

“Vaksinasi terhadap jajaran Forkopimda itu dimaksudkan untuk memberikan edukasi pada masyarakat, bahwa vaksinasi itu halal dan aman. Ini sekaligus menangkal berita-berita hoax tentang vaksin. Jadi tidak benar jika vaksin ini berbahaya,” ujarnya.

Ditempat yang sama Dandim 1305/BT Letkol Inf Farid Yudis Purwanto menuturkan, Vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk mengurangi transmisi/penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid- 19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat dan melindungi masyarakat dari Covid- 19 agar tetap produktif secara Sosial Ekonomi.

“Perlu diketahui, Badan pengawas obat dan makanan (BPOM) telah memberikan Izin Penggunaan Vaksin Sinovac melalui penertiban Emergency USE Authorisasion (EUA) dan menyatakan Vaksin ini aman untuk digunakan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Juga telah menertibkan Fatwa Halal terhadap penggunaan Vaksin Sinovac bagi masyarakat Indonesia,” Ujarnya

Ia menambahkan, Vaksin yang digunakan pada hari ini adalah Vaksin Sinovac, yang dibuat dari Virus yang mematikan untuk membentuk Kekebalan tubuh terhadap Virus Sars- CoV-2 sehingga dapat mencegah Covid- 19.

“Nantinya vaksin ini akan diberikan kepada masyarakat selaku sasaran yaitu masyarakat yang berusia 18 s.d 59 tahun,” Inbuhnya.

Lanjut lagi, Sejak adanya wacana pemberian Vaksin Covid- 19 kepada masyarakat, begitu banyak masyarakat yang belum setuju akan anjuran pemerintah untuk menjalani Vaksinasi Covid-19.

“Pemberian Vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari Covid-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi Negara termasuk daerah kita yang terkena dampak pandemi,” Bebernya.

“Pelaksanaan Vaksinasi Covid- 19 perdana saat ini merupakan tahap 1 dari 4 rangkaian tahapan Vaksinasi yang akan dilaksanakan di Kab. Tolitoli, tahap perdana pelaksanaan Vaksinasi diberikan, kepada Unsur Pemerintah Daerah Asisten 1 Setda Kab. Tolitoli, Unsur Forkopimdo Kab. Tolitoli (Dandim 1305/BT, Danlanal Tolitoli, Kapolres Tolitoli, Kajari Tolitoli),Unsur Dinas Kesehatan Kab. Tolitoli, Unsur perangkat Daerah (Satpol PP dan Inspektorat), Unsur Kementrian Agama Kab. Tolitoli, Unsur RSUD Mokopido Kab. Tolitoli, Ketua IDI Kab. Tolitoli, dan Seluruh Dokter Spesialis lingkup RSUD Mokopido Kab. Tolitoli,” Pungkasnya

Kegiatan Vaksinasi ditaman Gaukan Bantilan dihadiri oleh H. Moh Saleh Bantilan, SH, MM (Bupati Tolitoli), Bpk. Moh. Asrul Bantilan, S.Sos.,M.Si (Setda Kab. Tolitoli), Letkol Inf Farid Yudis Purwanto (Dandim 1305/BT), Letkol Laut (P) Hariono, SH., M.Tr.Hanla (Danlanal Tolitoli), AKBP Budhi Batara, SH., S.Ik., MH (Kapolres Tolitoli), Deddy Koerniawan, SH (Kajari Tolitoli), Anjasmara, S.Pt., MP (Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tolitoli) dan Tamu undangan serta peserta Vaksinasi Covid- 19 berjumlah 55 orang. ***Erwin***