Dandim 1305/BT Ikuti Upacara HUT RI Ke-76, “Prokes Berjalan Ketat”

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com Komandan Kodim 1305/BT Letkol Inf Farid Yudis Purwanto menghadiri upacara peringatan HUT ke 76 kemerdekaan Republik Iindonesia tahun 2021 yang di gelar di lapangan Gaukan Muhamnad Bantilan (GMB). Selasa (17/08/2021).

Dandim 1305/BT yang hadir dalam upacara hari kemerdekaan RI ke 76 tersebut sebagai bagian dari Forkopimda Kabupaten Tolitoli.

Pejabat yang bertindak sebagai Irup adalah Bupati Tolitoli Amran H. Yahya, Sedangkan sebagai Danup adalah Letnan Dua Laut Endang Kuswara.

“Upacara Hari kemerdekaaan di tengah pandemi Covid-19 dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain wajib mengenakan masker, jumlah peserta upacara pun juga dibatasi,” Ungkap. Dandim

Letkol Inf Farid Yudis Purwanto menambahkan para tamu undangan serta para pejabat di lingkup Kabaputen tolitoli juga terlihat menggunakan masker serta mengatur jarak duduknya demi menjaga protokol kesehatan.

“Mulanya, upacara berlangsung dengan Bupati Tolitoli sebagai Inspektur upacara memasuki tempat upacara. Selanjutnya, peserta mengikuti rangkaian upacara Dan Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli, Moh. Randi Saputra, AR menjadi pembaca teks proklamasi dalam upacara,” Tuturnya

Lanjut lagi, Setelah itu, pengibaran bendera sang saka merah putih yang diikuti dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan secara khidmat.

“Sebelum upacara bendera, Selasa dini hari tadi, kami dari Forkopimda Tolitoli juga menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang di gelar di Taman Makan Pahlawan Desa Kalankangan kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli, Ini merupakan satu rangkaian dari kegiatan mengenang detik-detik proklamasi kemerdekaan RI,” Bebernya.

“Sebagai generasi penerus, Apel Kehormatan dan Renungan Suci adalah momen mengenang jasa pahlawan. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda rutin menjelang peringatan hari Kemerdekaan RI, yang diikuti Peserta upacara berasal dari peleton TNI AD, AL, AU serta peleton kepolisian, dan para Anggota Pramuka Tolitoli,” Tambahnya.

Dandim 1305/BT menyampaikan, pandemi covid-19 yang masih melanda dikota Cengkeh bukan menjadi penghalang generasi penerus bangsa untuk memberikan penghormatan ini kepada para pejuang.

“Kita tetap harus menghargai serta mewarisi tradisi dan nilai-nilai kejuangan para pendahulu kita, dalam mengisi kemerdekaan dengan menunjukkan prestasi sesuai dengan profesi masing-masing,” Pungkas Dandim ***