Cegah Klaster Baru, Tim Gabungan Polres Tolitoli Jalani Rapid Test

Tolitoli | Kabartoday.com – Mencegah munculnya Klaster baru dalam Pilkada serentak 2020, Ratusan personel Polres Tolitoli menjalani pemeriksaan rapid test covid-19. Mereka yang di Rapid Tes umumnya adalah personel yang terlibatkan dalam pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).
Pemeriksaan Rapid test dilaksanakan di Polres Tolitoli pada Minggu (6/12/2020), yang di bantu oleh Dinas kesehatan Kabupaten Tolitoli.

Pemeriksaan Rapid test langsung di saksikan oleh orang nomor satu ditubuh polres Tolitoli yakni Kapolres Tolitoli AKBP Budhi Batara Pratidina SH SIK MH.

Kasubbag Humas AKP Moh Rizal Hi Bandi yang ditemui Wartawan menyebutkan, ada sebanyak 327 personel Polres Tolitoli dan personel BKO Polda Sulteng yang mengikuti menjalani pemeriksaan Rapid test.

“327 personel gabungan Polres Tolitoli dan personel BKO Polda Sulteng yang dilibatkan pada pengamanan TPS tanggal 9 Desember 2020, seluruhnya menjalani rapid test untuk memastikan kondisi mereka tetap fit dan bebas dari covid-19.” kata Kasubbag Humas.



Pemeriksaan Rapid test ini menurut Kasubbag Humas merupakan komitmen Polres Tolitoli untuk menjamin seluruh petugas pengamana Pemilu yang akan melaksanakan pengamanan di TPS bebas dari covid-19.

“Rapid test ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 dan sekaligus merupakan komitmen Polres Tolitoli untuk menjamin seluruh petugas pengamanan yang dilibatkan dalam pengamanan TPS dalam keadaan sehat dan bebas dari covid-19,” ucap Kasubbag Humas.

Ia menambahkan, kegiatan rapid tes juga untuk mengantisipasi dan memastikan pada penyelenggaraan pemilihan serentak khususnya di Kabupaten Tolitoli tidak menjadi klaster penyebaran covid-19 yang baru.

“Kita antisipasi lebih dulu, jangan sampai saat pemilihan serentak ini menjadi klaster baru penyebaran covid-19,” ujarnya.

Selain dilakukan pemeriksaan Rapid test, seluruh personel juga diberikan vitamin, Alat Pelindung Diri (APD) yang terdiri dari masker, kaos tangan, kacamata khusus dan hand sanitizer serta Makanan Tambahan Polri (MTP).

“Para personel pengamanan juga dibekali dengan buku saku guna memaksimalkan pelaksanaan tugas selama dilapangan,” Pungkas Rizal ***Erwin***