Cegah Karhutla, Polsek Kahayan Hilir Gencar Berikan Imbauan

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kesiapsiagaan jajaran Kepolisian dalam mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sejak dini di wilayah hukum Polres Pulang Pisau (Pulpis), Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) terus dimaksimalkan.

Berbagai upaya seperti menyampaikan Maklumat Kapolda Kalteng dengan memasang spanduk yang berisi imbauan kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuka lahan, hutan dengan cara dibakar.

Hal ini juga ditindaklanjuti Polsek Kahayan Hilir dengan gencar melaksanakan sosialisasi Karhutla dengan giat Sambang Desa dan Himbauan Karhutla serta menyampaikan Maklumat Kapolda Kalteng di Desa Anjir Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulpis, Sabtu (22/08) sekira pukul 09.30 WIB.

Kapolres Pulpis AKBP Yuniar Ariefianto SH.,S.I.K.,M.H melalui Kapolsek Kahayan Hilir, Ipda Widodo, SE menjelaskan, dalam giat tersebut Bhabinkamtibmas Desa Anjir langsung datang mengunjungi warganya sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat agar bersama sama menjaga lingkungan untuk antisipasi bencana kebakaran dan penyampaian maklumat Kapolda Kalteng kepada warga binaan.

“Kami memerintahkan anggota Polsek Kahayan Hilir supaya terus memberi imbauan terkait Karhutla guna mencegah terjadinya Karhutla,” tegas Widodo.

Dirinya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut berperan aktif mensosialisasikan serta mengajak untuk tidak membakar hutan dan lahan mengingat dampak yang ditimbulkan akibat asap Karhutla.

“Selain itu, kita juga berkomitmen bersama warga masyarakat Desa Anjir setuju dan sepakat untuk menjaga lingkungan dan bebas api,” kata Kapolsek.

Sementara itu, Indra salah satu warga yang disambangi Bhabinkamtibmas mengatakan sangat mendukung kegiatan Patroli dan sambang dilakukan secara rutin oleh anggota kepolisian khususnya anggota Polsek Kahayan Hilir.

“Kami selaku warga merasa aman dan terjaga serta akan membantu kegiatan kepolisian dalam mencegah Karhutla,” pungkasnya. KABAR TODAY.COM