Cegah Banjir Babinsa Jalil Ajak Warga Bersihkan Saluran Drainase

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com -Babinsa Ramil 1305-04/Dondo Koptu Jalil melaksanakan gotong royong dengan membantu Desa Ogowele Buga Kecamatan Dondo melakukan pengalian saluran Dreinase guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir.

Di lokasi kerja Senin (21/10/2021) Babinsa Koptu jalil mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah kebanjiran pada saat musim penghujan tiba.

“Drainase ini penting untuk dibersihkan, sebab drainase ini nantinya dapat melancarkan saluran pembuangan air di desa Ogowele Buga, sehingga tidak ada genangan air saat musim penghujan yang dapat menyebabkan rusaknya jalan,” jelasnya.

Sementara itu kepala desa Ogowele Buga berterimakasih kepada Babinsa Koptu Jalil, karena telah mengajak semua unsur yang ada di desa Ogowele untuk bersama-sama membersihkan drainase, karena selama ini hampir setiap musim penghujan jalanan dikompleks ini selalu tergenang air atau kebanjiran.

” Kami Sangat berterimakasih kepada Pak Babinsa yang telah membantu kami mengajak ikut bekerja bakti ditempat ini, Jika Parit ini tidak di bersihkan dan di manfaatkan semestinya pasti akan terjadi banjir, dan kalau di bersihkan tidak akan kebanjiran pada saat musim hujan tiba.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara bergotong royong yang diikuti oleh perangkat desa dan warga Ogowele Buga.

Sementara itu ditempat terpisah Plh. Danramil 1305-04/Dondo Peltu Irwan mengatakan bahwa pembuatan atau memperbaiki saluran air tersebut merupakan kesadaran Babinsa bersama warga terhadap lingkungannya.

“Menyadari akan pentingnya saluran air bagi lingkungan di wilayahnya, warga bersama Babinsa secara bersama-sama mengadakan kerja bakti membersihkan saluran Dreinase,”Ungkapnya

“Saluran air atau drainase yang dibersihkan ini memiliki peranan yang sangat penting serta membantu mencegah banyak persoalan diantaranya, untuk mengurangi kemungkinan banjir ketika hujan datang, mencegah kerusakan jalan baik itu oleh kikisan air hujan maupun oleh beban berat yang disebabkan  kendaraan lewat serta membuat jalan tampak tertata dan rapi, ” tambah Plh. Danramil 1305-04/Dondo Peltu Irwan***